Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Call Grup lewat Google Meet Kini Bisa Full HD

Peningkatan pengalaman video call ini bisa dinikmati para pelanggan layanan Google Workspace, yang biasa digunakan kalangan profesional untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Sebelumnya, pengguna Google Meet yang berlangganan Google Workspace hanya bisa menikmati resolusi video tertinggi 720p.

Sebetulnya, dukungan resolusi 1080p ini sudah hadir sejak April lalu. Hanya saja, fitur tersebut baru mendukung video call perorangan alias one-on-one, bukan grup seperti pembaruan ini.

Jadi, video call yang melibatkan tiga orang atau lebih via Google Meet, kini bisa menikmati resolusi video hingga 1080p.

“Awal tahun, kami mengumumkan resolusi video 1.080 piksel untuk panggilan video one-on-one di Google Meet. Hari ini, kami memperluas (fitur resolusi) 1.080 piksel di dalam pertemuan online tiga orang atau lebih,” tulis Google dalam blog resminya, pada Selasa (10/10/2023).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna akan menemukan jendela baru di kanan atas, di dalam tampilan kamera preview, sebelum masuk ke ruang meeting.

Jendela tersebut menawarkan pengguna untuk mengaktifkan video beresolusi 1.080 piksel. Fitur ini akan muncul apabila pengguna menggunakan webcam yang mendukung resolusi Full HD atau lebih tinggi.

“Anda bisa mengganti resolusi video kapan pun di menu Settings (Pengaturan),” jelas Google dalam sebuah cuplikan GIF.

Bila pengguna ingin mengubah resolusi video ke versi yang lebih rendah, bbisa mengaturnya di menu Settings dengan mengeklik ikon titik tiga di bawah layar. Kemudian, pilih “Video” di menu bar bagian samping, lalu klik resolusi video yang ingin dipakai sesuai kebutuhan.

Google Meet akan menyesuaikan kualitas video secara otomatis, jika jaringan internet yang terhubung cukup stabil, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (12/10/2023).

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, fitur Full HD ini tersedia untuk pengguna Workspace, yakni pengguna Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Starter, Enterprise Plus, Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, hingga pelanggan Workspace Individual.

Apabila pelanggan Google Workspace belum mendapat fitur ini, ada kemungkinan Google menggelontorkannya secara bertahap.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/12/11200037/video-call-grup-lewat-google-meet-kini-bisa-full-hd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke