Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekap Laga Playoff MPL S12 Hari Kedua, Onic dan Geek Fam Melaju ke Final Upper Bracket

Geek Fam ID mengamankan satu slot final upper bracket, usai menaklukkan RRQ di semifinal upper bracket, dalam laga lima game terbaik (Best of 5/BO5) dengan skor 3-2.

Kemenangan ini diperoleh karena Geek melakukan reverse sweep, yakni memenangkan tiga game berturut-turut setelah kalah 0-2.

Di sisi lain, Onic Esports masuk ke final upper bracket, setelah mengalahkan Bigetron Alpha di pertandingan (match) semifinal upper bracket, dengan skor 3-2.

Kedua tim ini saling kejar-kejaran poin, mulai dari 1-1, 2-2, dan hingga akhirnya Onic mengamankan match point serta mengalahkan Bigetron.

Rekap match Geek Fam ID vs RRQ

Pada match pertama, tim RRQ mengandalkan roster Lemon, Dyrennn, Skylar, Ferxiic, dan Naomi dalam pertandingan melawan Geek Fam ID. Sementara itu, Geek Fam ID digawangi Baloyskie, Aboy, Luke, Caderaa, dan Nnael.

Di menit kedua, Geek Fam ID dan RRQ masih bermain dengan tempo pelan. Mereka saling bertukar kill, tetapi tidak melakukan team fight secara besar-besaran. Duo tim saling melakukan poking, dan Geek Baloyskie beberapa kali diculik oleh RRQ.

Menit ke-sembilan, RRQ berhasil merebut lord. Lord menyerang lane bawah, tetapi langsung ditumbangkan oleh Geek Fam. Kemudian pada menit ke-12, lord yang sudah diperkuat (Enhanced) muncul dan direbut kembali oleh RRQ.

Kali ini, Geek Fam tidak dapat membendung serangan lord dan RRQ yang dilancarkan dari berbagai sisi. RRQ pun melakukan wipe out pada Geek dan menghancurkan pertahanan pada menit 15:09. Skor menjadi 1-0 untuk RRQ.

Momentum RRQ masih berlanjut pada match kedua, di mana kerja sama RRQ yang fantastis dapat menahan tiga serangan lord oleh Geek Fam. Saat berusaha untuk farming lord keempat, Geek Fam diserbu oleh sejumlah pemain RRQ yang sengaja bersembunyi di semak-semak.

RRQ dengan team fight yang baik berhasil merebut lord yang sisa setengah darah. Lord pertama RRQ terbukti efektif, karena mereka langsung menghabisi tim Geek Fam, lalu menghancurkan turret terakhir tim tersebut.

Match pun berakhir pada menit 22:28, dan RRQ unggul 2-0 dari Geek Fam.

Pertandingan ketiga menjadi awal comeback dari Geek Fam. Tim ini menggantikan Caderaa dengan Markyyy yang menggunakan hero Claude.

Pada match ini, kerja sama Geek Fam lebih terasa daripada match sebelumnya. Contohnya ketika RRQ Ferxiic merebut turtle, mereka langsung menghajar dirinya dan RRQ Dyrennn. Geek Fam pun merebut lord pada menit ke-12 dan mulai menyerbu markas RRQ.

Dalam momen tersebut, RRQ yang panik berusaha membendung serangan Geek Fam. Yang tampaknya tidak mereka sadari, Geek Baloyskie dan Nnael sama sekali tidak mengarahkan serangan kepada tim RRQ, tetapi kepada turret terakhir markas.

Match berakhir pada menit 13:12, dan skor menjadi 2-1.

Permainan Geek Fam makin terlihat pada match ketiga, karena mereka berhasil mengumpulkan kill sehingga eliminasi menjadi 7-3 pada menit kelima.

Peran Geek Markyyy begitu penting, karena ia mendapatkan banyak kill, sehingga poin eliminasi menjadi 14-8 untuk Geek.

Match pun berakhir pada menit 12:32, meskipun ada tiga pemain RRQ yang masih hidup di markas. Skor sementara menjadi 2-2.

Tentu kemenangan dua kali berturut-turut menjadi angin segar bagi Geek Fam. Sementara itu, kekalahan beruntun ini mungkin membuat mental RRQ hancur.

Hal ini dicerminkan pada menit pertama match keempat, di mana RRQ Skylar dan Ferxiic langsung diculik oleh Geek Fam.

Walaupun begitu, tak lama kemudian RRQ melakukan serangan balasan dan menghabiskan Geek Fam pada menit keempat, menyisakan Geek Aboy yang bertahan hidup.

Pada menit kesepuluh, RRQ kembali menghabiskan empat pemain dari Geek Fam, tetapi justru Geek Markyyy yang mendapatkan lord. Jadi, RRQ tidak bisa agresif karena mereka harus kembali ke markas. Lord tumbang setelah menghancurkan turret luar lane atas RRQ.

Perebutan lord terjadi lagi pada menit ke-14, yang kemudian diambil oleh Geek Markyyy lagi. Akan tetapi, lord ini belum dapat menembus pertahanan RRQ yang tangguh.

Menit ke-18, Geek Fam tampak melakukan blunder. Mereka berhasil menghabiskan empat pemain RRQ dan langsung berusaha menuju markas RRQ, padahal darah mereka sangat rendah.

Di sini, RRQ Dyrennn yang tersisa sendiri berhasil melakukan triple kill, sehingga Geek Fam tiba-tiba juga tersisa satu pemain saja.

Pada menit ke-23, Geek Nnael mencuri lord dari RRQ. Tiga pemain RRQ tumbang. RRQ Lemon dan Skylar tidak bisa menahan serangan bertubi-tubi, sehingga turret markas hancur pada menit 25:50.

Geek Fam pun menang dengan skor 3-2, dan melaju ke final upper bracket MPL S12. Sementara itu, RRQ terperosok ke semifinal lower bracket.

Rekap match Onic Esports vs Bigetron Alpha

Onic menurunkan Butsss, Kiboy, CW, Kairi, dan Sanz. Sementara itu, Bigetron Alpha diperkuat Super Kenn, Super Moreno, Super Xorizo, Xyve, dan Super Kyy.

Pada match pertama, kedua tim saling menyerang. Onic terlihat agresif, sedangkan Bigetron tampak cukup kesulitan mengimbangi.

Perebutan lord terjadi pada menit kesepuluh. Onic tidak mendapat perlawanan sulit untuk mendapatkan lord. Onic pun mengepung area Bigetron tanpa ada tekanan. Mereka bermain rapi dan memanfaatkan lord untuk merusak base turret Bigetron.

Pada menit ke-18, Onic memastikan kemenangan game pertama. 1-0 untuk Onic.

Beralih ke pertandingan kedua, giliran Bigetron yang bermain hati-hati. Tim yang digawangi Super Kenn ini melakukan serangan yang efektif diikuti dengan pertahanan yang baik.

Bigetron kemudian menyerang di jalur tengah. Onic tampak tertekan dan hanya bisa bertahan. Bigetron kemudian mengubah jalur penyerangan ke bagian bawah pertahanan Onic.

Perhatian Onic kemudian teralihkan, sementara Bigetron melakukan rotasi dan mengambil lord. Onic tidak bisa menahan daya serang Bigetron yang bertambah berkat bantuan lord. Bigetron menyamakan kedudukan 1-1.

Tidak mau mengulang kesalahan pada game kedua, Onic langsung bergerak cepat pada game ketiga. Onic Butsss dkk melakukan team fight pada menit ketiga yang membuat Bigetron kewalahan. Onic mendapat tiga kill sekaligus.

Pada menit kesepuluh, pertempuran memperebutkan lord pertama terjadi. Onic yang sedikit terlambat bisa mencuri lord dari BTR. Onic Kairi bisa menggunakan retribution dengan timing yang tepat untuk mendapatkan lord. Akan tetapi, lord belum bisa menembus pertahanan BTR.

Perebutan lord terjadi lagi pada menit ke-14. Lord diamankan oleh BTR Super Kenn, tetapi tidak banyak membantu untuk menangkal dominasi Onic. Menit ke-19, Onic Kairi melancarkan retribution ke lord dan mengamankannya.

Kali ini, Onic berhasil masuk ke jantung pertahanan BTR, kemudian memenangkan pertandingan. Skor 2-1 untuk Onic Esports.

Di game keempat, Bigetron bermain agresif dan mengurung Onic Kairi pada early game. Pemain BTR menaikkan level dengan cepat, dan Onic pun kewalahan menghadapi mereka.

Pada menit ke-17, BTR menyerang Onic dibantu lord. Onic akhirnya memberi perlawanan dengan mengeliminasi pemain BTR.

BTR tetap agresif, dan memanfaatkan lord menyerang lane bagian atas. Kemenangan pun diperoleh Bigetron, dan skor menjadi 2-2.

Game kelima berjalan panas karena kedua tim saling serang sejak awal game. Namun, Onic lebih mendominasi karena mendapat dua turtle dan dua kill pada menit keenam.

Pada menit ke-delapan, BTR menjebak Onic Kairi dan menumpaskannya. Kemudian, mereka mengarah pada lord pertama dan mendapatkannya. Lord menyerang bagian tengah lane, sebelum akhirnya dikalahkan Onic.

Perebutan lord kembali terjadi pada menit ke-13. Onic yang mendapatkan lord menyerang markas BTR, tetapi Bigetron masih bisa memukul mundur Onic.

Onic terus menyerang dan mendapatkan lord berikutnya. Lord yang menyerang di bagian tengah, dikawal hingga area pertahanan BTR. Onic tidak menyia-nyiakan kesempatan dan mendapatkan game kelima. Onic lolos ke final upper bracket dengan skor 3-2.

Di sisi lain, Bigetron Alpha harus berjuang agar tidak tereliminasi di semifinal lower bracket.

Jadwal playoff MPL S12 hari ini

Dengan hasil ini, Geek Fam ID akan bertemu dengan Onic Esports di final upper bracket. Sementara itu, RRQ dan Bigetron Alpha bakal bertemu di semifinal lower bracket.

Tim yang menang di final upper bracket akan melaju ke grand final, sedangkan tim yang kalah turun ke final lower bracket. Kemudian, tim yang menang di semifinal lower bracket akan lolos ke final lower bracket, sedangkan tim yang kalah tereliminasi dari playoff MPL S12.

Adapun keempat tim ini akan bermain hari ini, Jumat (13/10/2023) mulai pukul 12.30. Berikut ini jadwal lengkapnya:

  • RRQ vs Bigetron Alpha - 12.30 WIB
  • Onic Esports vs Geek Fam ID - 18.45 WIB

Cara menonton playoff MPL S12

Semua pertandingan babak playoff MPL ID S12 bisa disaksikan secara offline dengan datang langsung ke venue di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman Instagram MPL Indonesia, Jumat.

Pengguna juga bisa menyaksikan keseruan playoff MPL S12 secara online, di kanal YouTube MPL Indonesia lewat tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/13/12550047/rekap-laga-playoff-mpl-s12-hari-kedua-onic-dan-geek-fam-melaju-ke-final-upper

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke