Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone 15 Pro Max Sulit Diperbaiki

KOMPAS.com - Setelah resmi meluncur secara global awal September lalu, sejumlah youtuber mengulas lini baru iPhone 15 series. Salah satunya dilakukan kanal YouTube gadget, iFixit. iFixit mencoba membongkar unit iPhone 15 Pro Max untuk mengetahui seberapa sulit iPhone model tertinggi itu bisa diperbaiki atau direparasi.

iFixit adalah komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai perangkat elektronik dan perangkat lainnya.

Berdasarkan pengujian iFixit, iPhone 15 Pro Max mendapatkan skor 4 dari 10. Semakin kecil skornya, maka perangkat sulit diperbaiki.

Itu artinya, dengan skor 4 dari 10, iPhone 15 Pro Max sulit untuk diperbaiki, khususnya bila diperbaiki secara mandiri maupun lewat pihak ketiga.

Secara umum, desain jeroan iPhone 15 Pro Max mirip dengan pendahulunya, iPhone 14 Pro Max. Namun, Apple melakukan perubahan komponen internal di ponsel barunya demi meningkatkan kinerja.

Salah satu perubahannya yaitu plastik perekat di tepi panel layar, yang kini berwarna lebih cerah dibanding pendahulunya.

Awalnya, iFixit membongkar jeroan iPhone 15 Pro Max dengan membuka layar ponsel terlebih dahulu.

Lalu, iFixit mengangkat baterai perangkat dan menemukan bahwa baterai ponsel ini agak sulit dilepas karena banyak perekat yang sulit dijangkau dan terkait dengan komponen lainnya. iFixit bahkan memakai alkohol untuk mengurai perekat yang menempel di baterai ponsel.

Untuk melepas baterai, pengguna atau teknisi juga harus melepas mesin taptic dan speaker bawah ponsel terlebih dahulu.

Selain itu, penggantian baterai iPhone 15 Pro Max juga perlu dilakukan dengan membuka layar terlebih dahulu. Pasalnya, terdapat komponen lain yang menghalangi akses ke baterai bila dijangkau dengan membuka penampang ponsel.

Dengan demikian, bila pengguna ingin mengganti baterai iPhone 15 Pro Max, risikonya adalah layar ponsel berpotensi rusak.

Selain itu, perbaikan dengan memakai komponen iPhone tertentu ke iPhone 15, juga disebut agak sulit dilakukan. Padahal, praktik ini cukup sering dilakukan untuk memperbaiki iPhone, termasuk oleh iFixit.

Namun untuk iPhone 15, praktik itu sulit dilakukan. iFixit mencontohkan bila pengguna mencoba memperbaiki layar iPhone dengan layar buatan Apple, atau memperbaiki sensor LiDAR kamera belakang maupun baterai perangkat, iPhone 15 akan memberikan peringatan bahwa "komponen ini mungkin tidak asli".

Dalam beberapa skenario, komponen yang dipakai bahkan tidak berfungsi sama sekali. Misalnya, untuk memperbaiki komponen biometrik iPhone 15, kamera belakang atau kamera depan ponsel.

Nah, salah satu komponen yang dirancang dengan material baru adalah penampang ponsel yang kini dilapisi dengan bahan titanium. Bahan ini diklaim lebih kokoh, sekaligus membuat bobot perangkat tetap ringan.

Menurut iFixit, bagian berlapis titanium ini cukup mudah dilepas. Artinya, perbaikan penampang iPhone 15 Pro Max juga lebih mudah tanpa perlu dipanaskan untuk melepas lem atau alat khusus.

Untuk melihat bagaimana bongkar-pasang yang dilakukan iFixit terhadarp iPhone 15 Pro, bisa disimak selengkapnya di video berikut.

Modul kamera

Lewat video itu, iFixit juga menunjukkan penampakan sensor kamera iPhone 15 Pro Max dengan lensa telefoto baru yang memungkinkan zoom optik lima kali. Menurut iFixit, engineer Apple cukup mahir dalam menyusun sensor periskop di iPhone 15 Pro Max.

"Alih-alih memasang serangkaian lensa yang dikendalikan oleh elektro-magnet, Apple lebih memilih untuk merancang elemen periskop tetraprism tunggal yang bisa memantulkan cahaya beberapa kali untuk menstimulasi focal lenght setara 120mm" jelas iFixit.

Selain kamera telefoto, kamera utama dan kamera ultrawide iPhone 15 Pro Max, masih sama seperti iPhone 14 Pro Max.

Adapun kamera iPhone 15 Pro Max terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.78), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.8).

Kamera telefoto iPhone 15 Pro Max memiliki keunggulan dibanding iPhone 15 Pro biasa. Kamera telefoto iPhone 15 Pro Max dibekali dengan kemampuan perbesaran optik hingga lima kali atau optical zoom 5x, sedangkan iPhone 15 Pro sampai tiga kali saja.

Kamera iPhone 15 Pro Max tersebut bakal ketambahan fitur Spatial Video yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau merekam video dalam tiga dimensi, yang bisa diputar di Apple Vision Pro.

Untuk sektor dapur pacu, iPhone 15 Pro Max dibekali dengan chipset teranyar Apple, yaitu Apple A17 Pro dengan teknologi fabrikasi 3 nm.

Chip A17 Pro diklaim memiliki CPU yang 10 persen lebih cepat, Neural Engine dua kali lebih cepat, dan GPU yang 20 persen lebih cepat dari chipset sebelumnya.

Untuk bagian penyimpanan, iPhone 15 Pro Max dibekali dengan tiga varian memori internal, yang berkapasitas 256 GB, 512 GB, dan terbesar 1 TB. iPhone 15 Pro Max tidak menyediakan varian memori 128 GB seperti pendahulunya.

Kemudian baterainya, iPhone 15 Pro Max diklaim memiliki baterai yang tahan digunakan untuk menonton video selama 29 jam dari penuh hingga kosong. Baterai tersebut juga mendukung pengisian daya cepat 20 W.

Tampilan ponsel ini didukung layar Super Retina XDR Display 6,7 inci. Layar itu memiliki resolusi 2.796 x 1.290 piksel dengan kerapatan piksel 460 ppi dan kecerahan hingga 1.000 nits.

Layar iPhone 15 Pro Max mendukung refresh rate hingga 120 Hz dengan fitur ProMotion Display. Di layar itu, terdapat notch dengan model Dynamic Island yang dapat bergerak secara dinamis mengikuti notifikasi.

Pada notch tersebut, terdapat kamera selfie beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.9. Secara keseluruhan bodi iPhone 15 Pro Max memiliki dimensi 159,9 x 76,7 x 8,25 mm, dengan bobot seberat 221 gram.

Rangka pada bodi iPhone 15 Pro Max menggunakan bahan titanium yang diklaim lebih kuat, lebih ringan dari bodi iPhone yang tak menggunakan titanium, serta lebih "ramah" terhadap suhu panas.

Fitur lain yang terdapat pada iPhone 15 Pro Max meliputi dukungan port USB C, Face ID, NFC, koneksi 5G, sensor LiDAR, sertifikasi tahan air IP68, dan masih banyak lagi.

Untuk port USB C pada iPhone 15 Pro Max, Apple mengatakan port tersebut mendukung kecepatan transfer data hingga10 gigabit per detik melalui sambungan USB 3.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/19/07170017/iphone-15-pro-max-sulit-diperbaiki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke