Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Header Berbeda Tiap Bab di Microsoft Word dengan Mudah

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara membuat header berbeda tiap bab di dokumen Microsoft Word atau yang biasa disebut Word saja. Header merupakan salah satu fitur yang cukup sering dipakai dalam membuat dokumen di Word.

Header biasa digunakan dalam dokumen-dokumen, seperti jurnal, skripsi, laporan, dan lainnya. Header berfungsi untuk memuat beberapa informasi ringkas yang penting, seperti nomor halaman, judul dokumen, judul bab, atau logo.

Header terletak pada bagian paling atas di halaman dokumen Word. Penambahan header di dokumen bisa dilakukan dengan klik dua kali bagian paling atas halaman. Setelah itu, menu pengaturan header bakal muncul dan pengguna bisa menambahkannya di halaman.

Penambahan header itu cukup mudah, tetapi bisa menjadi persoalan tersendiri. Pasalnya, jika tidak melakukan pengaturan tertentu, header bakal diterapkan di semua halaman dalam dokumen dengan format yang sama.

Kondisi seperti itu bakal merepotkan pengguna yang hendak menyusun dokumen dengan header yang berbeda di tiap bab. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara membuat header berbeda tiap bab di Word.

Lantas, bagaimana cara membuat header berbeda tiap bab di Word? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat header berbeda tiap bab di Microsoft Word.

Cara membuat header berbeda tiap bab di Word

Agar header tidak diterapkan dengan format yang sama di semua halaman, pengguna perlu melakukan pengaturan halaman antar bab terlebih dahulu dengan menambahkan fitur Breaks. Sebagai informasi, Breaks merupakan fitur pemisah halaman.

Fitur Breaks memungkinkan pengguna menambahkan halaman baru di dokumen Word dengan format yang berbeda dari halaman sebelumnya. Pengguna bisa menambahkan di antara bab satu dengan yang lainnya.

Ketika Breaks ditambahkan, halaman bab selanjutnya bisa diatur agar memiliki beberapa format yang berbeda dari sebelumnya, termasuk pada bagian header. Adapun cara membuat header berbeda tiap bab di Word dengan fitur Breaks adalah sebagai berikut:

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat header berbeda tiap bab di Word dengan menggunakan Breaks secara mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/12/13010087/cara-membuat-header-berbeda-tiap-bab-di-microsoft-word-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke