Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing dan Hands-on Poco X6 5G, Serba Meningkat dari Sebelumnya

Dibandingkan Poco X5 5G sebelumnya, Poco X6 5G menawarkan banyak peningkatan. Hampir semua aspek ponsel ini mendapat upgrade, mulai dari system-on-chip yang digunakan, daya pengisian baterai, hingga kamera.

Tampilan luarnya pun ikut dirombak sehingga tampak sedikit berbeda dibandingkan pendahulunya.

Aksesori lengkap

Kotak kemasan Poco X6 yang berukuran relatif besar dengan warna dasar hitam dan font kuning khas Poco ternyata memuat rangkaian aksesori yang lengkap.

Selain unit ponsel, pembelinya akan mendapatkan charger dengan output 67 watt, sesuai dengan daya fast charging yang didukung, berikut kabel USB A ke USB C.

Seperti kebiasaan Poco selama ini, sejumlah stiker bertema Poco ikut diselipkan, bersama sebuah ucapan terima kasih, booklet panduan singkat dan garansi, serta SIM card ejector tool.

Poco pun memberikan casing untuk melindungi ponsel. Bentuknya bukan softcase, melainkan hardcase berwarna hitam dengan tekstur yang terasa mirip karet ketika diraba.

Bagian dalam casing berpola garis-garis vertikal. Sementara, di sisi atasnya terdapat cutout persegi panjang berukuran besar sesuai dengan bentuk modul kamera Poco X6 5G.

Tampilan masih mirip, tapi beda

Penampilan Poco X6 5G sebenarnya masih mirip dengan perangkat tedahulu. Hanya saja, Poco menerapkan sejumlah perubahan kecil seingga membuat ponsel ini bisa dibedakan dari Poco X5.

Perubahan yang paling kentara ada di modul kamera. Rangkaian kamera belakang dan LED flash kini disusun lebih rapi membentuk persegi. Logo "Poco" juga dikecilkan ukurannya sehingga tak terlalu dominan, lalu orientasinya diubah menjadi horizontal.

Untuk varian warna White yang diterima KompasTekno, warna punggungnya tidak polos, melainkan berpola dengan corak mirip es batu. Bagian punggung memiliki finishing glossy, tapi untungnya noda sidik jari tak kentara lantaran adanya pola tadi.

Layar Poco X6 5G masih berukuran sama seperti sebelumnya, dengan diagonal 6,57 inci (2.712 x 1.220), panel AMOLED, dan refresh rate 120 Hz, tapi kini dilapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Di bagian atas terdapat loudspeaker kedua sehingga Poco X6 5G mampu menghasilkan keluaran suara stereo. Selain itu terdapat konektor jack audio 3,5mm dan IR blaster untuk mengendalikan perangkat-perangkat home appliances dengan aplikasi remote.

Kamera dan spesifikasi meningkat

Rangkaian kamera Poco X6 5G menerima sejumlah peningkatan dibandingkan Poco X5 sebelumnya. Resolusi kamera utama naik jadi 64 MP (f/1.8, OIS), begitu pula dengan kamera depan yang sekarang menjadi beresolusi 16 MP (f/2.5).

Sementara itu dua kamera lainnya masih identik, yaitu kamera ultra wide 8 MP (f/2.2, FoV 118 derajat), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Untuk dapur pacunya, Poco X6 kini mengandalkan chip Snapdragon 7s Gen 2 2,4 GHz. Kapasitas memorinya terbilang lega untuk ukuran ponsel kelas menengah, dengan RAM 12 GB dan media internal 256 GB.

Satu aspek lainnya dari Poco X6 5G yang ikut di-upgrade adalah kemampuan fast charging yang kini mendukung daya 67 watt, atau dua kali Poco X5 yang sebesar 33 watt. Adapun kapasitas baterainya adalah 5.100 mAh.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 13 dengan antarmuka MIUI 14. Namun, OS ini nantinya akan diperbarui menjadi Android 14 dengan antarmuka HyperOS terbaru dari Xiaomi.

Saat artikel ini ditulis, Poco masih belum mengumumkan jadwal penjualan maupun harga dari Poco X6 5G.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/16/16450017/unboxing-dan-hands-on-poco-x6-5g-serba-meningkat-dari-sebelumnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke