Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Foto dan Rekam Fancam Konser Coldplay di Singapura Pakai Samsung Galaxy S24 Ultra

Konser Coldplay di Singapura digelar selama enam hari, yakni pada 23, 24, 26, 27, 30, dan 31 Januari 2024 di Singapore National Stadium, di Kallang, Singapura. KompasTekno berkesempatan menonton konser Coldplay di hari pertama, hari ini, Selasa (23/1/2024).

Salah satu yang sangat menarik dari konser ini adalah kesempatan untuk mengabadikan aksi panggung Chris Martin cs menggunakan "HP konser" terbaru Samsung, yakni Galaxy S24 Ultra yang baru debut global pada Kamis (18/1/2024).

Kami juga membawa HP konser Galaxy S23 Ultra ke konser ini, yang sudah selama satu tahun terakhir menemani KompasTekno menonton beragam konser mulai dari Raisa, Suga BTS, hingga Hindia.

Nah, berikut ini KompasTekno berikan tips memotret dan merekam fancam konser Coldplay di Singapura menggunakan "HP konser" Samsung S24 Ultra dan Samsung S23 Ultra. Supaya hasilnya bisa bagus, jernih, dan beresolusi tinggi alias HD.

Foto dengan kamera 200 MP

Salah satu kelebihan Samsung S23 Ultra dan Samsung S24 Ultra, duo "HP konser" ini kompak dibekali kamera utama dengan resolusi tinggi, yaitu 200 MP (f/1.7).

Sepengalaman KompasTekno, secara umum, hasil jepretan kamera Samsung S23 Ultra dan S24 Ultra bagus, detail, dan tajam alias HD di segala kondisi cahaya.

Pengguna bisa menggunakan kamera 200 MP Galaxy S24 Ultra dan Galaxy S23 Ultra dengan membuka aplikasi kamera.

Nanti, aplikasi kamera secara default akan menyetel opsi foto dengan zoom 1x (kamera 200 MP). Pengguna tinggal mengarahkan kamera ke Chris Martin dkk yang sedang bernyanyi di atas panggung, lalu menekan tombol shutter.

Gunakan zoom 3x, 10x, 30x, dan space zoom 100x

Untuk menangkap ekspresi personel Coldplay ketika manggung, penonton bisa memanfaatkan dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra, yaitu kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom).

Jadi, bila memilih opsi zoom 3x dan 10x pada Galaxy S23 Ultra, pengguna bakal memotret dengan kamera telefoto secara langsung. Ini membuat hasil foto tetap bagus dan tajam meski diperbesar.

Pengguna juga bisa memanfaatkan zoom digital 30x dan space zoom 100x untuk memotret Coldplay dengan lebih dekat. Namun, hasil foto dari zoom digital ini bakal tak sebagus dengan zoom 3x dan 10x yang notabene menggunakan kamera telefoto.

Kamera zoom 5x di Samsung S24 Ultra

Yang spesial, pengguna kini bisa menggunakan kamera zoom 5x yang baru di Samsung S24 Ultra.

Untuk pertama kalinya, Samsung S24 Ultra dibekali kamera telefoto baru beresolusi 50 MP dengan kemampuan zoom optis 5x (f/3.4, OIS).

Kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x yang baru ini membawa peningkatan di aspek piksel yang 1,6 kali lebih besar, ditambah dengan Telephoto OIS yang lebih lebar.

Hal ini membuat pengambilan gambar zoom menjadi lebih cerah dan stabil. Kami pun excited untuk menjajal kamera zoom 5x yang baru ini di konser Coldplay, mengingat arena konser cukup besar.

Pakai mode resolusi tinggi 200 MP

Samsung S23 Ultra dan Samsung S24 Ultra juga punya mode resolusi penuh 50 MP dan 200 MP. Dengan mode 50 MP dan 200 MP, pengguna bisa mendapatkan gambar dengan hasil yang lebih tajam dengan resolusi yang lebih tinggi.

Hal ini membuat pengguna lebih leluasa ketika ingin memotong (crop) gambar, karena kualitas gambar akan tetap tajam.

Cara memilih mode 200 MP, pengguna tinggal membuka aplikasi kamera, lalu di atas layar pilih rasio foto mode 200 MP atau mode 50 MP.

Perlu dicatat, pengguna Samsung S23 Ultra hanya bisa mengambil foto resolusi penuh (50MP/200MP) di rasio foto 3:4. Sementara pengguna Samsung S24 Ultra lebih leluasa mengambil foto 200 MP atau 50 MP di segala rasio, baik 3:4, 9:16 (Instagram Stories/TikTok), 1:1, hingga full.

Pengguna Galaxy S24 Ultra kini juga memiliki opsi memotret dengan 12 MP.

Fitur Single Take

Samsung S24 Ultra dan S23 Ultra juga punya fitur Single Take. Fitur ini berguna agar pengguna bisa mengambil foto dan video secara bersamaan dalam satu kali "klik".

Berikut cara menggunakan fitur single take di Galaxy S23 Ultra:

  • Buka aplikasi kamera Klik "More"
  • Klik "Single Take"
  • Atur zoom
  • Klik tombol shutter

Nantinya, pengguna bakal mendapatkan hasil video dan foto sekaligus di galeri.

Pengguna juga bisa mengabadikan momen konser Coldplay di Singapura dengan merekam fancam (rekaman dari kamera penggemar) video dengan resolusi tinggi.

Pengguna bisa memilih mode perekaman UHD (4K) dengan frame rate 30 untuk mendapatkan fancam Chris Martin dan kawan-kawan manggung dengan bagus dan jernih. Atau, pengguna juga bisa memilih mode perekaman 8K 30 fps untuk hasil fancam yang lebih bagus dan HD lagi.

Namun, perlu dicatat, perekaman dengan resolusi tinggi ini bakal menyita lebih banyak memori karena ukuran file-nya yang besar.

Fitur Pro-Video

Pengguna juga bisa mengatur perekaman video manual lewat fitur Pro-Video. Pengguna bisa menyetel ISO, shutter speed, EV, white balance secara manual.

Rekam dengan dua kamera sekaligus

Sebagai "HP konser", Samsung S24 Ultra dan S23 Ultra memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk mengabadikan momen konser. Yang paling sering kami manfaatkan adalah fitur Dual Rec di Samsung S24 Ultra dan Director's View di Samsung Galaxy S23 Ultra.

Pengguna S24 Ultra bisa memilih dua jenis kamera (dari empat kamera belakang dan satu kamera depan) yang ingin digunakan untuk merekam secara bersamaan. Sementara pengguna S23 Ultra otomatis merekam dengan kamera depan dan satu kamera belakang sesuai pilihan.

Yang menarik, hasil video bisa disimpan dalam bentuk tumpang tindih atau dua file video terpisah. Hal ini memberikan opsi lebih bagi concert go-ers.

Cara pakai Dual Record di Samsung S23 Ultra sebagai berikut:

  • Buka aplikasi kamera
  • Klik "More"
  • Pilih "Dual Rec"
  • Secara deafult, kamera akan diatur ke mode picture-in-picture. Pengguna bisa mengatur layout menjadi split screen.
  • Pilih dua kamera yang ingin digunakan.
  • Atur format penyimpanan video. Apakah dalam bentuk tumpang tindih atau dua file video terpisah.
  • Selanjutnya, pengguna tinggal klik tombol shutter

Cara pakai Director's View di Samsung S23 Ultra sebagai berikut:

  • Buka aplikasi kamera
  • Klik "More"
  • Pilih "Director's View"
  • Secara deafult, kamera akan diatur ke mode picture-in-picture.
  • Kamera akan merekam pengguna lewat kamera depan, sekaligus kamera belakang merekam panggung Coldplay
  • Pengguna tinggal klik tombol shutter

Itu dia tips foto dan rekam fancam konser Coldplay di Singapura yang bagus pakai Samsung S24 Ultra dan S23 Ultra. Semoga bermanfaat. Selamat menonton konser Coldplay!

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/23/17000017/tips-foto-dan-rekam-fancam-konser-coldplay-di-singapura-pakai-samsung-galaxy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke