Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan topologi ring, terutama pengguna yang tengah belajar soal jaringan komputer. Sebagai informasi, jaringan komputer terdiri dari beberapa jenis topologi.

Untuk diketahui, topologi adalah metode atau konfigurasi untuk menyusun perangkat-perangkat menjadi sebuah jaringan. Dari beberapa jenis topologi jaringan komputer, salah satunya adalah topologi ring.

Setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali topologi ring. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan topologi ring dalam jaringan komputer? Jika tertarik mempelajarinya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan topologi ring.

Apa itu topologi ring?

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya pengguna memahami dulu apa itu topologi ring. Pengetahuan soal pengertian topologi ring dapat mempermudah pengguna memahami kelebihan dan kekurangannya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi ring? Jika didefinisikan, topologi ring adalah konfigurasi jaringan dengan koneksi antar perangkat yang membentuk jalur data tertutup berbentuk lingkaran seperti cincin.

Setiap perangkat yang terhubung membentuk dua koneksi dengan perangkat lain, seperti titik yang membentuk lingkaran. Topologi ring digunakan sebagai jalur untuk mengirim informasi atau data antar perangkat komputer atau node.

Dalam proses pengiriman informasi di jaringan komputer, terdapat token atau segmen informasi yang dikirim melalui jalur lingkaran tersebut. Ketika sebuah komputer dalam jaringan dapat mendekode token tersebut, maka komputer itu akan menerima data.

Dalam topologi ring, token bergerak dari satu node ke node berikutnya hingga mencapai tujuannya. Sebagian besar topologi ring hanya memungkinkan token untuk bergerak dalam satu arah atau yang biasa disebut sebagai topologi ring unidirectional.

Sementara itu, terdapat pula topologi ring yang memungkinkan token untuk bergerak dalam dua arah atau yang biasa disebut sebagai topologi ring bidirectional.

Topologi ring dapat digunakan dalam LAN (jaringan area lokal) atau WAN (jaringan area luas), bergantung pada kartu jaringan yang digunakan di setiap komputer. Topologi ring dapat tersusun menggunakan kabel koaksial atau kabel jaringan RJ-45.

Itulah pengertian topologi ring. Untuk kelebihan dan kekurangan topologi ring, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan topologi ring

Salah satu kelebihan topologi ring adalah instalasinya mudah dan minim terjadi tabrakan data dalam proses pengiriman. Sementara itu, salah satu kelemahan topologi ring adalah kerusakan di satu titik bisa membuat titik lain mengalami kerusakan.

Dikutip dari laman Computer Hope, adapun penjelasan yang lebih lengkap soal kelebihan dan kekurangan topologi ring adalah sebagai berikut:

Kelebihan topologi ring

  • Data mengalir dalam satu arah, sehingga mengurangi kemungkinan tabrakan data.
  • Kontrol lebih mudah. Server jaringan atau node pusat tidak diperlukan untuk mengontrol konektivitas jaringan antar setiap node.
  • Data dapat ditransfer dengan kecepatan tinggi.
  • Node tambahan dapat ditambahkan tanpa memengaruhi kinerja jaringan.
  • Dengan beban jaringan yang tinggi, topologi ring dapat memiliki performa yang lebih baik dari topologi bus.
  • Instalasi cenderung lebih mudah.

Kekurangan topologi ring

  • Jika salah satu node dalam topologi ring rusak, seluruh jaringan bisa ikut rusak. Kekurangan ini biasanya diatasi dengan menggunakan jenis topologi ring bidirectional yang dapat membuat jalur alternatif ketika satu jalur mengalami gangguan.
  • Semua data yang ditransfer melalui jaringan harus melewati setiap node di jaringan, yang dapat membuatnya lebih lambat dibandingkan topologi bintang.
  • Pengembangan jaringan lebih susah dilakukan karena penambahan atau pemindahan perangkat dapat berpotensi merusak jaringan.
  • Koneksi topologi ring bisa lebih mahal dibandingkan dengan penggunaan kartu Ethernet, hub, atau switch. Pasalnya, dalam topologi jaringan ini, perangkat keras diperlukan untuk menghubungkan setiap node ke jaringan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan topologi ring. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, pengguna bakal lebih mudah untuk memahami penggunaan topologi ring dan menentukkan hendak menggunakan topologi apa dalam menyusun jaringan komputer.

Sementara itu, untuk menambah wawasan soal topologi ring, pengguna kiranya perlu memahami juga beberapa pengetahuan dasar yang meliputinya, seperti fungsi, karakteristik, dan cara kerjanya. Lantas, apa fungsi topologi ring?

Fungsi topologi ring

Fungsi topologi ring yang utama adalah menghubungkan node atau perangkat komputer dalam jaringan, supaya bisa saling berbagi informasi dan sumber daya. Selain itu, topologi ring memiliki beberapa kegunaan yang antara lain meliputi:

  • Topologi ring biasa digunakan untuk mendukung jaringan LAN maupun WAN.
  • Di industri telekomunikasi, topologi ring umumnya digunakan untuk melakukan transfer data dalam jaringan serat optik atau biasa disebut dengan SONET (Synchronous Optical Network).
  • Banyak organisasi juga menggunakan topologi ring sebagai sistem cadangan untuk jaringan yang sudah ada.
  • Topologi ring dapat digunakan untuk mencegah kehilangan koneksi dengan satu node karena bisa mengarahkan lalu lintas ke arah lain.
  • Topologi ring sering digunakan di lembaga pendidikan dan beberapa lembaga komersial karena biaya operasional yang lebih rendah.

Itulah beberapa fungsi topologi ring. Dalam menjalankan fungsi sebagai penghubung pada jaringan komputer, topologi ring memiliki beberapa karakteristik. Lantas, apa ciri-ciri topologi ring? Penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Karakteristik topologi ring

Terdapat beberapa karakteristik topologi ring yang membedakan dengan topologi lainnya dalam jaringan komputer. Misalnya, topologi ring memiliki konfigurasi jaringan yang berbentuk melingkar seperti cincin.

Kemudian, ciri lain, misalnya, pergerakan data dalam topologi ring bisa berjalan searah maupun dua arah. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai ciri-ciri topologi ring adalah sebagai berikut:

  • Setiap perangkat yang terhubung membentuk konfigurasi jaringan yang berbentuk seperti lingkaran atau cincin.
  • Setiap perangkat terhubung secara langsung untuk membentuk jaringan.
  • Topologi ring dapat tersusun menggunakan kabel koaksial atau kabel jaringan RJ-45.
  • Topologi ring dapat digunakan pada jaringan LAN ataupun WAN.
  • Untuk mentransfer data, digunakan suatu token (segmen informasi) yang bergerak dari satu node ke node berikutnya dalam jaringan lingkaran.
  • Pergerakan data umumnya berjalan searah.
  • Lantaran mengalir dalam satu arah, tabrakan data minim terjadi.
  • Jika ada satu titik yang rusak, titik lain yang terhubung dalam topologi ring bisa ikut rusak.
  • Topologi ring tidak memerlukan peralatan tambahan yang rumit.
  • Instalasi dan pemeliharaan topologi ring cenderung lebih mudah dibandingkan dengan beberapa topologi lainnya.

Itulah beberapa karakteristik topologi ring. Dalam mengirim data atau informasi, topologi ring memiliki cara kerja tersendiri. Lantas, bagaimana cara kerja topologi ring? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara kerja topologi ring.

Cara kerja topologi ring

Cara kerja topologi ring dalam jaringan komputer untuk menyebarkan informasi dimulai dari pendistribusian token yang tidak berisi alias kosong. Token itu nanti diisi data dan mulai didistribusikan ke node dalam jaringan.

Dikutip dari Javatpoint, adapun penjelasan yang lebih lengkap soal cara kerja topologi ring dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/04/02000017/kelebihan-dan-kekurangan-topologi-ring-dalam-jaringan-komputer-yang-perlu

Terkini Lainnya

Axiata-Sinar Mas Sepakati Merger XL dan Smartfren, Lahir Entitas Baru MergeCo

Axiata-Sinar Mas Sepakati Merger XL dan Smartfren, Lahir Entitas Baru MergeCo

e-Business
Tanda-tanda Oppo Reno 12 Pro Segera Masuk Indonesia

Tanda-tanda Oppo Reno 12 Pro Segera Masuk Indonesia

Gadget
Cara Bikin Stiker Langsung di Instagram Stories, Cepat dan Otomatis

Cara Bikin Stiker Langsung di Instagram Stories, Cepat dan Otomatis

Software
Berkat AI, Cari Foto di Google Photos Jadi Gampang

Berkat AI, Cari Foto di Google Photos Jadi Gampang

Software
Starlink Terpapar Gelombang Geomagnetik Luar Biasa Selama Badai Matahari

Starlink Terpapar Gelombang Geomagnetik Luar Biasa Selama Badai Matahari

e-Business
2 Cara Cek Kelayakan Bus Secara Online, Penting buat Memastikan Keselamatan

2 Cara Cek Kelayakan Bus Secara Online, Penting buat Memastikan Keselamatan

e-Business
'PUBG Mobile' PMSL SEA Summer 2024 Pekan Kedua Dimulai Hari Ini, Tim Indonesia di Tiga Besar

"PUBG Mobile" PMSL SEA Summer 2024 Pekan Kedua Dimulai Hari Ini, Tim Indonesia di Tiga Besar

Game
Tampilan WhatsApp di iOS Berubah, Begini Bedanya dengan yang Lama

Tampilan WhatsApp di iOS Berubah, Begini Bedanya dengan yang Lama

Software
Google Rilis AI Gemini 1.5 Pro, Bisa Analisis Lebih Banyak Data dan Input

Google Rilis AI Gemini 1.5 Pro, Bisa Analisis Lebih Banyak Data dan Input

Software
Menjajal Sennheiser Momentum True Wireless 4, TWS Premium Rp 5 Juta

Menjajal Sennheiser Momentum True Wireless 4, TWS Premium Rp 5 Juta

Gadget
Peringatan tentang AI yang Pintar Menipu dan Bahayanya bagi Manusia

Peringatan tentang AI yang Pintar Menipu dan Bahayanya bagi Manusia

Internet
Perbandingan Spesifikasi iPad Pro 2024 dan iPad Air 2024

Perbandingan Spesifikasi iPad Pro 2024 dan iPad Air 2024

Gadget
Meta Tutup Facebook Workplace, Jejaring Sosial Khusus Perkantoran

Meta Tutup Facebook Workplace, Jejaring Sosial Khusus Perkantoran

e-Business
5 Pro Player Wanita Asal Indonesia Jadi Pemain Utama Tim Mobile Legends di Perancis

5 Pro Player Wanita Asal Indonesia Jadi Pemain Utama Tim Mobile Legends di Perancis

Game
Pendiri Facebook Rayakan Ultah Ke-40, Nostalgia dan Pamer Foto Tempat Bersejarah di Hidupnya

Pendiri Facebook Rayakan Ultah Ke-40, Nostalgia dan Pamer Foto Tempat Bersejarah di Hidupnya

Internet
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke