Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Sennheiser Momentum True Wireless 4, TWS Premium Rp 5 Juta

Kompas.com - 15/05/2024, 13:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada Februari lalu, earbuds premium Momentum True Wireless 4 kini sudah resmi dipasarkan di Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta pekan lalu.

Sesuai namanya, perangkat earbuds true wireless stereo (TWS) ini merupakan generasi keempat dari lini produk Momentum Sennheiser, meneruskan pendahulunya, Momentum True Wireless 3, yang dirilis dua tahun lalu pada Februari 2022.

Baca juga: Sennheiser Momentum True Wireless 4 Masuk Indonesia, TWS Flagship Rp 5 Juta

Meskipun dihargai lebih mahal, Momentum True Wireless 4 memiliki desain yang identik dengan Momentum True Wireless 3. Namun, Senhheiser menghadirkan varian warna baru sekaligus sejumlah peningkatan penting.

Warna baru, Black Copper

Kotak kemasan Sennheiser Momentum True Wireless 4 varian warna Black CopperKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kotak kemasan Sennheiser Momentum True Wireless 4 varian warna Black Copper
KompasTekno menerima sample unit ritel Momentum True Wireless 4 yang datang dalam kotak kecil bercorak warna biru-putih khas Sennheiser. Di bagian depan terdapat foto produk dengan layout mirip dengan earbuds TWS terdahulu.

Bedanya, untuk Momentum True Wireless 4, Sennheiser menghadirkan pilihan warna baru bernama Black Copper. Unit dengan varian warna inilah yang mendarat di meja redaksi KompasTekno.

Baca juga: Headphone Wireless Sennheiser Accentum Plus Masuk Indonesia, Ini Harganya

Skema warnanya mirip dengan pilihan kelir "Black" sebelumnya. Hanya saja, bagian cangkang luar earbuds yang sekaligus memuat touch panel untuk input sentuhan kini berwarna tembaga atau keemasan.

Di samping Black Copper, Momentum True Wireless 4 juga tersedia dalam dua pilihan warna lain yang sebelumnya juga ditemukan di Momentum True Wireless 3, yaitu Graphite dan Metallic Silver.

Kelengkapan aksesori di dalam kotak kemasan Sennheiser Momentum True Wireless 4KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kelengkapan aksesori di dalam kotak kemasan Sennheiser Momentum True Wireless 4

Selain unit earbuds dan charging case, pembeli Momentum True Wireless akan mendapat sejumlah dokumentasi tercetak untuk memandu penggunaan, berikut dengan set ear fin dan ear adapter dalam beberapa ukuran untuk menyesuaikan fitting.

Tak lupa, ada sebuah kabel USB A ke USB C berukuran pendek untuk keperluan mengisi baterai charging case.

Desain mirip, fitur beda

Dilihat sekilas, Momentum True Wireless 4 terlihat seperti kembaran Momentum True Wireless 3 karena desain fisiknya secara keseluruhan memang masih dipertahankan, baik untuk unit earbuds maupun charging case.

Charging case Momentum True Wireless 4 masih berlapis bahan fabric yang menguatkan kesan premium. Di bagian depan terdapat konektor USB C untuk charging berikut sebuah lampu indikator baterai. Sebuah logo Sennheiser di sisi atas melengkapi penampilannya.

Charging case Momentum True Wireless 4 dilapis bahan fabric berlogo SennheiserKOMPAS.com/ OIK YUSUF Charging case Momentum True Wireless 4 dilapis bahan fabric berlogo Sennheiser

Earbuds Sennheiser Momentum True Wireless 4 warna Black Copper memiliki cangkang luar berwarna tembagaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Earbuds Sennheiser Momentum True Wireless 4 warna Black Copper memiliki cangkang luar berwarna tembaga
Unit earbuds juga tetap mirip dengan sebelumnya, dengan bentuk cenderung persegi yang berukuran agak bulky, touch panel berbahan aluminium, serta ear fin dan eartips yang bisa diganti-ganti untuk menyesuaikan dengan telinga pengguna.

Dynamic driver (TureResponse Tranducer) yang digunakan untuk masing-masing earbud berukuran 7 mm dengan rentang respon frekuensi 5 Hz - 21 KHz.

Namun, di balik penampilannya yang mirip dengan sang pendahulu, Sennheiser sebenarnya menerapkan banyak peningkatan di Momentum True Wireless 4.

Earbuds TWS ini, misalnya, memiliki rangkaian 6 mikrofon untuk voice call dan noise cancellation, dua kali lebih banyak dari Momentum True Wireless 3 sebelumya sehingga seharusnya juga meningkatkan kualitas panggilan telepon dan ANC.

Baca juga: Sony Rilis TWS Khusus Gaming, Ada Fitur 360 Spatial Audio

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com