Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Realme Bawa Kamera ala Flagship ke HP Kelas Menengah Realme 12 Pro Plus

Kendati masuk dalam segmen ponsel kelas menengah, Realme 12 Pro Plus dibekali fitur fotografi ala ponsel kelas atas.

Misalnya, kamera telefoto 64 MP (f/2.6) dengan sensor OmniVision IV64B 1,2 inci. Kamera tersebut mampu melakukan zoom optis sebanyak 3x dan dibekali penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization).

Lalu, kamera utama 50 MP-nya menggunakan sensor IMX890 dengan aperture lebih besar f/1.8, seperti HP kelas atas dari seri Realme GT3 dan GT5. Selain itu, Realme 12 Pro Plus dibekali lensa periskop yang biasanya hadir di smartphone kelas atas.

Lantas, dengan sederet fitur kamera tersebut, apakah Realme 12 Pro Plus bakal dijual lebih tinggi untuk HP sekelasnya?

Menurut Director Marketing Realme Indonesia, Ellen Zhou, Realme membawa fitur-fitur kamera ala flagship ke Realme 12 Pro Plus karena ingin menghadirkan pengalaman yang berbeda ke lebih banyak orang. Bukan berfokus hanya pada “cuan” dengan menaikkan harga ponsel.

“Kami mencoba membawa fitur paling flagship ke smartphone untuk dijajal lebih banyak orang. Ini menjadi visi kami membawa pengalaman kepada pengguna agar bisa mencobanya,” jelas Ellen kepada KompasTekno dalam acara media trip ke Kuala Lumpur Malaysia, Jumat (16/2/2024).

Walau tidak mengumbar harga banderolnya secara spesifik, ia memastikan bahwa Realme 12 Pro Plus akan tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau, layaknya smartphone mid-range.

“Yang jelas harganya akan tetap terjangkau, jadi dinantikan saja saat peluncuran resminya nanti,” pungkas Vava.

Sebagai gambaran, smartphone kelas mid-range umumnya dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 6 juta.

Lalu, harga generasi sebelumnya, Realme 11 Pro Plus 5G dijual Rp 6,9 juta di Indonesia. Kemungkinan harga jual Realme 12 Pro Plus tidak akan jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Sasar pengguna muda

Ellen juga mengumbar bahwa misi Realme di tahun ini selaras dengan laporan yang dipublikasi oleh firma riset Counterpoint. Realme bakal lebih berfokus pada segmen anak muda di 2024 dengan menghadirkan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

“Seperti yang Anda tahu, laporan Counterpoint mencatat bahwa HP Realme kerap menjadi pilihan bagi anak muda,” jelas Ellen.

Lewat laporan surveinya, Counterpoint mencatat Realme unggul di dua aspek, yakni “brand smartphone untuk anak muda” dan “dijadikan pilihan oleh anak muda”. Anak muda yang dimaksud terdiri dari usia 18 tahun hingga 30 tahun.

Realme disebut mampu unggul di kedua aspek tadi karena produknya memiliki spesifikasi cukup unggul disertai harga yang terjangkau. Ponsel keluaran Realme juga kerap memiliki desain trendi dan memenuhui kebutuhan anak muda. Dikarenakan alasan itulah Realme bisa “merebut” hati anak muda.

Dengan demikian, Realme berupaya untuk terus mengikuti tren-tren dari kebutuhan anak muda. Vava juga mengumbar bahwa konsumen muda kini memerlukan spesifikasi kamera yang memadai untuk mengabadikan momen atau membuat konten.

“Alasan itu yang mendasari kami menghadirkan spesifikasi kamera yang ditingkatkan. Kami sudah berinvestasi cukup banyak untuk segmen ini. Salah satunya di Realme 12 Pro Plus—yang akan segera dirilis ke Indo. HP ini memiliki lensa periskop pertama untuk kelas menengah,” imbuh Vava.

Di atas kertas, Realme 12 Pro Plus pasalnya masih membawa “DNA” desain yang sama seperti Realme 11 Pro Plus.

Soal layar, ponsel mengusng panel OLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.412 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan tingkat kecerahan 950 nits. Layar turut dihiasi punch hole di tengah atas layar untuk menampung kamera depan 32 MP.

Untuk sektor dapur pacu, suksesor Realme 11 Pro Plus ditenagai Snapdragon 7 Gen 2 dari Qualcomm yang dipadu dengan RAM 8/12 GB serta penyimpanan seluas 128/256 GB.

Realme 12 Pro Plus ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan pengisian daya cepat (fast charging) berdaya 67 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14 yang dipoles antarmuka Realme UI 5.0.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner) dan dua speaker stereo Dolby Atmos. Varian warnanya adalah Submariner Blue, Navigator Beige, dan Explorer Red.

Spesifikasi di atas adalah spesifikasi Realme 12 Pro Plus versi global. Belum diketahui apakah ada perbedaan dengan versi Indonesi atau tidak. Namun, rincian spesifikasi di atas setidaknya dapat memberi gambaran kepada konsumen yang tertarik melakukan pembelian.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/19/10050007/alasan-realme-bawa-kamera-ala-flagship-ke-hp-kelas-menengah-realme-12-pro-plus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke