Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Fitur Baru Android yang Segera Rilis, Salah Satunya Bisa Corat-coret Dokumen

Setidaknya ada sembilan fitur baru berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menarik dan memudahkan aktivitas pengguna.

Beberapa di antara fitur-fitur itu ditujukan untuk perangkat tertentu, seperti smartphone dan tablet. Tak ketinggalan, Google juga menghadirkan beberapa fitur baru untuk sistem operasi Android Auto, yaitu OS yang ditujukan untuk mobil.

Namun, Google tidak menjelaskan apakah fitur-fitur tersebut hanya hadir di Android versi terkini yaitu Android 14, atau juga akan hadir di Android versi lebih lama.

"Hari ini kami meluncurkan pembaruan Android untuk membantu Anda menyederhanakan hari Anda dan menyelesaikan lebih banyak hal, baik di ponsel, tablet, smartwatch Wear OS atau di mobil Anda yang kompatibel dengan Android Auto," kata John Renaldi Senior Director, Product and Design, Wear OS & GM Android Health, dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Rabu (28/2/2024).

Apa saja fitur-fitur baru tersebut?

1. Android Auto bisa rangkum pesan teks atau obrolan grup

Android Auto kini bisa merangkum teks panjang atau obrolan di grup ketika pengguna mengemudi. Berkat AI, Android Auto juga bisa memberikan saran balasan atau tindakan relevan lainnya.

2. Membacakan deskripsi gambar

Aplikasi Lookout di Android bisa membacakan deskripsi dari sebuah foto, gambar online atau gambar yang disematkan dalam sebuah pesan. Fitur ini ditujukan untuk kalangan penyandang tunanetra atau semacamnya.

Menurut Google, fitur berbasis AI ini dirilis global dan baru tersedia dalam bahasa Inggris.

3. Membagikan info tempat yang mudah diakses

Google meningkatkan dukungan pembaca layar layanan Lens di Maps. Berkat dukungan itu, pengguna kini bisa mengeksplorasi lokasi seperti ATM, restoran atau stasiun transit di sekitarnya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu mengarahkan mengeklik ikon Lens di Maps, kamera smartphone ke sekelilingnya, kemudian TalkBack akan membacakan informasi suatu tempat di sekitar pengguna dengan jelas. Termasuk soal jam buka, rating hingga petunjuk arah menuju ke lokasi.

4. Lebih mudah komentar di dokumen

Google juga memudahkan pengguna smartphone atau tablet untuk menambahkan komentar di sebuah dokumen yang dibuat di Google Docs. Kini pengguna bisa mengoreksi sebuah dokumen, seperti saat mengoreksi dokumen di kertas.

Caranya juga nyaris seperti mengoreksi di kertas, karena pengguna bisa seolah menulis dengan tangan atau menggunakan stylus untuk mengomentari atau menandai bagian yang perlu dikoreksi.

5. Android home bisa atur Spotify

Perangkat Android home seperti speaker pintar bisa diatur lewat smartphone karena terhubung lewat aplikasi Home.

Ketika memutar lagu di YouTube Music audionya terdengar lewat speaker pintar misalnya, pengguna bisa mendapatkan kontrol lewat menu yang ditampilkan di layar kunci ponsel

Nah, sekarang pengguna juga bisa melakukan hal yang sama bila memutar lagu atau konten di Spotify.

6. Data kesehatan di satu tempat

Aplikasi Fitbit di Android kini didesain ulang, sehingga bisa menampilkan aneka data kesehatan yang dihimpun dari berbagai perangkat atau aplikasi di satu tempat. Misalnya dari perangkat wearable dan aplikasi kebugaran seperti AllTrails, Oura Ring hingga MyFitnessPal.

Di aplikasi Fitbit tersedia tab "Today" yang akan menampilkan data olahraga, jumlah langkah, kalori yang terbakar hingga jumlah langkah yang dinaiki atau jarak yang ditempuh pengguna di hari tersebut.

7. Kemampuan akses tiket perjalanan dari smartwatch

Google Wallet kini sudah tersedia untuk smartwatch yang berjalan dengan Wear OS. Karena dukungan itu, pengguna juga bisa mengakses boarding pass, tiket acara, member gym, kartu langganan dan lain sebagainya dari smartwatch.

Pengguna bisa mengatur apakah tiket atau data itu ingin ditampilkan, sehingga memudahkan ketika dibutuhkan atau disembunyikan.

8. Petunjuk Maps di smartwatch

Google memungkinkan Maps di Wear OS untuk memberikan petunjuk arah termasuk ketika pengguna memilih opsi angkutan umum. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan petunjuk arah dari Maps lewat smartwatch, dan menyimpan smartphone di saku atau tas.

Maps di smartwatch juga bisa menginformasikan waktu keberangkatan bus, kereta api, kapal feri atau angkutan umum lainnya.

9. Interaksi dengan Gemini

Pekan ini Google akan menghadirkan chatbot Gemini di aplikasi Messages. Meski baru hadir dalam versi beta, pengguna nantinya bisa chat dengan Gemini untuk bertukar pikiran, merencanakan acara, atau sekadar mengobrol hal sederhana. Semua aktivitas itu bisa dilakukan lewat aplikasi Google Message.

Gambaran aneka fitur di atas juga bisa dilihat pada video berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/28/10010087/9-fitur-baru-android-yang-segera-rilis-salah-satunya-bisa-corat-coret-dokumen-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke