Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bill Gates, Zuckerberg, Sundar Pichai Kondangan Bareng ke Anak "Crazy Rich" India

Mukesh Ambani adalah pemilik Reliance Industries, perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari energi hingga telekomunikasi.

Acara pre-wedding itu digelar selama tiga hari yang berlangsung di Jamanagar India. Acara inidilaporkan dihadiri oleh 1.200 orang elit, kaya, dan terkenal, tak hanya dari India tapi dari berbagai penjuru dunia. Anant dan calon istrinya Radhika Merchant, akan menikah pada Juli 2024 mendatang.

Bos-bos perusahaan teknologi raksasa dunia pun ada di antara lis tamu Anant Ambani dan calon istrinya, Radhika Merchant. Sebut saja seperti seperi pendiri Microsoft Bill Gates, pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg, CEO Google Sundar Pichai, hingga CEO The Walt Disney Co. Bob Iger.

Sepanjang akhir pekan lalu, potret Bill Gates serta Mark Zuckerberg saat hadir di pesta Anant-Radhika beredar di internet. 

Lewat Instagam pribadinya, Zuckerberg memposting foto dirinya bersama sang istri, Priscilla Chan, mengenakan baju couple yang matching berwarna hitam-emas.

Zuck, panggilan akrab bos Meta ini, menambahkan keterangan foto "saya menyukai pesat pernikahan orang India. Selamat kepada Anant dan Radhika!".

Di Instagram pribadinya, Bill Gates juga melakukan kegiatan dengan agenda lain di India, termasuk bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi, pergi ke Patung Persatuan, hingga membeli Chai Tea khas India dari penjual nyentrik.

Daftar tamu pesat pra-nikah anak Crazy Rich India tersebut dilaporkan meliputi nama-nama terkenal seperti miliarder India Gautam Adani dan Kumar Mangalam Birla, pemain kriket legendaris Sachin Tendulkar, hingga selebriti Bollywood seperti Deepika Padukone, Shah Rukh Khan, dan Rani Mukherjee.

Penyanyi Rihanna juga diundang secara khusus untuk tampil di pesta Anant-Radhika. Menurut laporan Business Insider, Rihanna tampil seperti konser pada umumnya dengan membawakan 19 lagu.

Penyanyi lagu "Umbrella" hingga "Diamonds" ini diestimasikan dibayar 6 juta dollar AS hingga 9 juta dollar AS (sekitar Rp 94,4 juta hingga Rp 141,7 juta) untuk tampil di acara tersebut.

Pesta pra-nikah Anant-Radhika ini diestimasikan menghabiskan biaya senilai 120 juta dollar AS atau setara Rp 1,88 triliun.

Reliance Industries Limited sendiri adalah konglomerat multinasional India yang berkantor pusat di Mumbai. Bisnisnya meliputi energi, petrokimia, gas alam, ritel, telekomunikasi, media massa, hiburan, dan tekstil.

Reliance yang didirikan pada 1958 ini merupakan perusahaan publik terbesar di India berdasarkan kapitalisasi pasar dan pendapatan. Perusahaan ini masuk perusahaan terbesar ke-100 di dunia. Pada 2023, Reliance menduduki peringkat ke-45 dalam Forbes Global 2000.

Dengan bisnis minyak hingga telekomunikasinya, Mukesh Ambani (66 tahun) ini masuk daftar orang terkaya dunia versi Bloomberg Billionaires Index di urutan sebelas per 4 Maret 2024. Total kekayaan bersi Mukesh Ambani tercatat 113 miliar dollar AS atau setara Rp 1.778,9 triliun.

Dengan kekayaan tersebut, Mukesh menjadi orang terkaya dari Asia di Bloomberg Billionaires Index bersama dengan Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, Bill Gates, Warren Buffet, hingga duo pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

Anant Ambani (usia 28 tahun) adalah anak bungsu Mukesh Ambani. Anant kini memimpin bisnis energi ramah lingkungan Reliance.

Anant, bersama kakak-kakaknya, si kembar Isha dan Akash, diangkat menjadi dewan direksi perusahaan andalan Reliance Industries tahun lalu sebagai persiapan suksesi sang ayah.

Bisnis Zuckerberg, Pichai, dengan Reliance

Bisnis Reliance milik keluarga Ambani ini ternyata menarik minat perusahaan berskala internasional.

Misalnya, induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, Meta diketahui membeli 10 persen aset digital Reliance seharga 5,7 miliar dollar AS pada 2020.

CEO Alphabet (induk Google) Sundar Pichai juga membeli 7,7 persen saham di unit digital Reliance pada 2020. Alhphabet juga menginvestasikan sebesar 4,5 miliar dalam aliansi ini dan mengatakan akan bekerja sama dalam inisiatif teknologi, termasuk pengembangan telepon seluler yang terjangkau.

Pichai juga sempat muncul sebagai tamu di rapat pemegang saham Reliance pada tahun yang sama.

CEO The Walt Disney Co. Bob Iger juga baru saja mencapai kesepakatan bisnis dengan perusahaan Mukesh Ambani.

Pekan lalu, Walt Disney dan Reliance Industries, sepakat membentuk usaha patungan senilai 8,5 miliar atau sekitar Rp 133,72 triliun.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Disney akan menggabungkan operasi "Star India" dengan Viacom18, bagian dari Reliance Industries. Reliance dan Viacom18 akan memegang 63 persen saham usaha baru tersebut. Sementara Disney memiliki 37 persen saham.

Viacom18 merupakan jaringan hiburan yang didirikan pada 2007 sebagai kemitraan antara Reliance dan Paramount. Saat ini, Viacom18 mengoperasikan lebih dari 40 saluran, termasuk MTV, Nickelodeon, dan bahasa Hindi Colors, serta layanan streaming JioCinema.

Setelah jadi usaha patungan bersama Disney, perusahaan gabungan itu akan memiliki lebih dari 120 saluran serta melayani sekitar 750 juta pelanggan di seluruh negara, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Fortune, Senin (4/3/2024).

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/04/17030087/bill-gates-zuckerberg-sundar-pichai-kondangan-bareng-ke-anak-crazy-rich-india

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke