Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Kunci Pesan WhatsApp Bakal Diperketat, Pesan Rahasia Makin Aman

KOMPAS.com - WhatsApp bakal memperketat fitur kunci pesan (chat lock), yakni dengan cara memperluas keamanannya.

Nantinya, fitur chat lock tidak hanya akan berlaku di ponsel utama saja, namu juga bisa dipasang pengguna di perangkat yang ditautkan (linked devices), atau perangkat yang terhubung dengan ponsel utama.

Seperti diketahui, WhatsApp memang memungkinkan setiap pengguna menautkan atau memasang akun miliknya ke perangkat lain, di luar smartphone utama. Misalnya di laptop, tablet dan lain sebagainya.

Fitur kunci pesan untuk linked device sendiri belum dirilis resmi oleh perusahaan. Namun fitur itu sudah terlihat di aplikasi WhatsApp beta Android setelah pengguna melakukan pembaruan ke versi 2.24.8.4. Artinya fitur ini masih dalam tahap pengembangan WhatsApp.

Fitur chat lock dirilis global pada Mei 2023. Sebagaimana namanya, fitur kunci pesan WhatsApp berguna untuk mengamankan obrolan WA dari akses yang tidak diinginkan. Namun selama ini pengamanannya hanya berlaku di perangkat utama saja yaitu di smartphone.

Jadi, pesan rahasia yang ada di folder chat lock, tetap "terbuka" dan bisa dilihat dengan leluasa dari perangkat yang ditautkan.

Nah, dengan fitur baru yang sedang dikembangkan kali ini, pesan yang dirahasiakan di perangkat utama juga akan tersembunyi di perangkat yang ditautkan. Sehingga, pesan rahasia akan lebih aman.

Menurut temuan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, pengguna nantinya akan diminta membuat kode rahasia untuk membuka folder pesan rahasia atau pesan yang dikunci dari perangkat yang ditautkan.

Namun pembuatan kode itu tetap perlu dilakukan di perangkat utama. Setelah kode dibuat, maka pesan rahasia akan disembunyikan dari daftar obrolan di perangkat yang ditautkan. Dengan begitu, pesan rahasia jadi makin aman di berbagai perangkat.

Selain itu, dukungan ini juga membuat pengguna lebih mudah mengakses pesan rahasia karena dikumpulkan di satu folder, tidak lagi berpencar.

Perlu dicatat bahwa fitur itu baru dalam tahap pengembangan dan akan dirilis lewat pembaruan di waktu mendatang, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (4/4/2024). Belum diketahui, kapan WhatsApp akan meluncurkan pembaruan ini ke lebih banyak pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/04/18060077/fitur-kunci-pesan-whatsapp-bakal-diperketat-pesan-rahasia-makin-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke