Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama Kalinya, Apple Izinkan Aplikasi "Emulator" Game Lawas Beredar di App Store

KOMPAS.com - Apple mengendurkan aturan main di toko aplikasi App Store. Apple kini mengizinkan aplikasi yang bisa menjalankan beragam game konsol, alias aplikasi bertipe emulator, beredar dan didistribusikan di App Store untuk pertama kalinya.

Emulator sendiri adalah program yang memungkinkan perangkat menjalankan game dari suatu konsol.

Sebelumnya, Apple tidak mengizinkan kehadiran aplikasi emulator di App Store. Bahkan, pengguna iPhone yang ingin menginstal aplikasi emulator di HP-nya, harus meretas atau melakukan jailbreak terlebih dahulu pada perangkat mereka.

Hal ini tertuang dalam aturan main baru App Store yang tercantum di laman berikut ini. Di laman itu, Apple menyebut bahwa aplikasi emulator game yang diizinkan hanyalah untuk game lawas alias retro. 

Tidak disebutkan emulator game retro seperti apa saja yang diizinkan. Boleh jadi, beberapa emulator retro populer di ponsel Android, seperti GBA Emulator, PPSSSPP, Dolphin, DraStic, dan lain sebagainya nantinya akan bisa resmi dimainkan di iPhone. 

Meski diizinkan, Apple mengatakan bahwa para pembuat emulator game retro ini harus bertanggung jawab atas seluruh konten yang ditawarkan oleh aplikasi buatan mereka. 

"Pembuat emulator game retro sepenuhnya bertanggung jawab atas semua konten yang ditawarkan, dan memastikan hal-hal tersebut sesuai dan tidak melanggar hukum yang berlaku. Jika tidak sesuai dengan hukum atau aturan yang berlaku, maka emulator game retro tersebut bisa kami hapus dari App Store," kata Apple.

Selain mengizinkan aplikasi emulator, Apple juga kini mewajibkan seeluruh aplikasi serba ada, alias super apps untuk memakai kode HTML5 apabila ingin menyertakan game ke aplikasinya.

Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahwa aplikasi super apps tersebut tidak menyertakan game "besar" ke dalam aplikasi, di mana game besar, menurut Apple, harus berdiri sebagai aplikasi sendiri.

Apple tidak menyebut alasan mengapa mereka mengubah aturan main App Store terkait kehadiran emulator game retro di App Store dan game berkode HTML5 di super app ini.

Namun, hal ini kabarnya dipicu oleh para regulator, terutama di Uni Eropa, yang mendesak Apple supaya bisa membuat App Store lebih terbuka dan transparan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Selasa (9/4/2024).

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/09/07000087/pertama-kalinya-apple-izinkan-aplikasi-emulator-game-lawas-beredar-di-app-store

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke