Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aplikasi Edit Foto Lebaran untuk Android dan iOS agar Lebih Estetik

KOMPAS.com - Lebaran Idul Fitri 2024 identik sebagai kesempatan istimewa bagi banyak orang, terutama dalam menjalin silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga dan teman.

Untuk menambah keceriaan dan kesan spesial pada hari yang suci, banyak orang memilih mengabadikan momen kebersamaan melalui fotografi.

Setelah mengambil foto bersama, untuk membuat hasil foto terlihat lebih indah dan estetis, baik untuk keperluan pencetakan maupun untuk berbagi di platform media sosial, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengeditan foto.

Aplikasi-aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang dapat memperindah foto Anda. Berikut adalah tujuh rekomendasi aplikasi pengeditan foto Lebaran yang tersedia gratis untuk pengguna Android dan iOS.

Meskipun aplikasi ini mayoritas dikenal sebagai alat pengeditan video, namun CapCut cukup memiliki fitur lengkap. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store. Berikut ini beberapa fitur utamanya:

Snapseed adalah aplikasi pengeditan foto yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menawarkan fitur menarik seperti 29 jenis filter foto, kemampuan untuk mengolah format foto JPG dan RAW, serta beragam alat pengeditan foto lanjutan lainnya.

Snapseed tersedia gratis dan bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS. Fitur utama Snapseed:

Adobe Lightroom merupakan aplikasi pengeditan foto yang dikembangkan oleh Adobe. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS, Android, macOS, dan Windows.
Fitur utama Adobe Lightroom:

Canva merupakan platform desain grafis yang menawarkan kemudahan dalam mengedit foto, tersedia dalam versi gratis dan premium. Dengan beragam pilihan ornament dan bingkai, Canva memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan kreatif dalam pengeditan foto.

Platform ini dirancang untuk bisa diakses baik melalui komputer maupun perangkat mobile, dengan aplikasi yang tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

VSCO adalah aplikasi pengeditan foto dan video yang populer dengan komunitas kreatif yang aktif. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android dan cocok digunakan untuk pengeditan foto-foto Lebaran Anda. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store. Fitur-fitur VSCO antara lain: 

Picsart Photo Studio menawarkan serangkaian fitur pengeditan foto yang komprehensif, termasuk efek foto, pembuatan kolase, penghapusan objek yang tidak diinginkan, penambahan bingkai, dan banyak lagi.

Tersedia gratis di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS. Aplikasi ini menyediakan berbagai efek secara luas, walaupun untuk beberapa fitur premium diperlukan pembelian. Namun, dengan kelengkapan fiturnya, Picsart menjadi pilihan yang sangat baik untuk memoles foto-foto Lebaran Anda agar terlihat lebih menarik.

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi edit foto gratis yang mudah digunakan, dirancang untuk pengeditan foto cepat dan simpel. Berikut beberapa fitur utama Adobe Photoshop Express:

  • Edit dasar: Pangkas, putar, luruskan, dan ubah ukuran foto.
  • Koreksi warna: Sesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, dan white balance.
  • Filter: Tersedia banyak filter untuk mengubah gaya foto dengan cepat.
  • Perbaikan: Hilangkan noda, red eye, dan lakukan perbaikan minor lainnya.
  • Kreatif: Tambahkan teks, meme, dan bingkai untuk membuat foto lebih menarik.

Adobe Photoshop Express bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Itulah beberapa aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan mengedit foto Lebaran 2024 ini. Selamat mencoba. 

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/11/15320027/7-aplikasi-edit-foto-lebaran-untuk-android-dan-ios-agar-lebih-estetik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke