Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Redmi 13, Calon Ponsel Terbaru Xiaomi di Indonesia

Sebagai suksesor, Redmi 13 menghadirkan sejumlah peningkatan dibanding Redmi 12, termasuk system-on-chip yang lebih baru hingga resolusi kamera dua kali lebih besar.

KompasTekno menerima Redmi 13 varian warna Ocean Blue. Kira-kira seperti apa penampilan perangkat ini dan selengkap apa aksesori bawaannya? Simak selengkapnya dalam penelusuran berikut.

Daya charger meningkat

Redmi 13 hadir dalam kotak kemasan bernuansa khas Xiaomi, dengan warna dasar putih dan tulisan "Redmi 13" berukuran besar dengan layar belakang merah.

Di bagian muka terpampang salah satu fitur utama yang sekaligus menjadi kelebihan Redmi 13 dibanding pendahulunya, yakni kamera utama dengan resolusi mencapai 108 MP.

Sebuah folder kertas memuat beberapa aksesori, termasuk sebuah soft case transparan untuk melindungi perangkat, berikut SIM card ejector tool serta panduan singkat dan garansi.

Setelahnya, di balik unit ponsel yang terbungkus plastik pelindung, adalah kompartemen di dasar kemasan yang memuat unit charger dan kabel USB A ke USB C.

Kemampuan charger meningkat dibanding Redmi 12 sebelumnya, kini dengan keluaran mencapai 33 watt karena Redmi 13 memang mendukung fast charging dengan daya sebesar itu.

Tampang masih mirip

Dilihat sekilas, Redmi 13 sulit dibedakan dari Redmi 12 karena rancangannya memang relatif tak berubah. Rangkaian dua kamera di belakang tertanam langsung secara vertikal di bodi, dengan LED flash yang diletakkan secara diagonal di sisi kanan kedua kamera.

Sesuai dengan nama varian "Ocean Blue", bagian punggung unit Redmi 13 yang diterima KompasTekno berwarna biru muda dengan pola serupa riak air. Berkat pola tersebut, bagian belakang ponsel jadi tak mudah ternoda sidik jari biarpun memiliki finishing glossy.

Bagian frame di pinggiran ponsel berbahan plastik dengan warna senada. Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan tombol daya yang merangkap sebagai pemindai sidik jari side-mounted.

Laci SIM terdaapat di sisi kiri perangkat dan merupakan jenis hybrid yang bisa menampung dua buah kartu nano SIM atau sebuah kartu nano SIM ditambah kartu memori microSD.

Layar Redmi 13 relatif tak berubah dibanding pendahulunya, tetap menggunakan panel IPS LCD dengan diagonal 6,79 inci, resolusi FHD+, dan refresh rate hingga 90 Hz.

Bezel alias bingkai di sisi pinggir layar sebenarnya cukup tipis, tapi tidak seragam karena bagian bawah lebih tebal. Di bagian atas bertengger kamera depan yang diletakan di dalam punch hole.

Dalam genggaman, berat Redmi 13 termasuk standar untuk ukurannya, dengan bobot 205 gram. Bodinya cukup ramping dengan ketebalan 8,3 mm.

SoC dan kamera meningkat

Meskipun tampangnya relatif tidak berubah, Redmi 13 ternyata menghadirkan sejumlah upgrade yang signifikan dari sisi hardware dan juga software.

SoC ponsel ini, misalnya, menggunakan MediaTek Helio G91 Ultra yang baru diperkenalkan di awal 2024 dan merupakan peningkatan dari Helio G88 di Redmi 12.

Salah satu fitur baru di Helio G91 Ultra adalah dukungan kamera hingga 108 MP (f/1.7) sehingga kamera utama Redmi 13 pun memiliki resolusi sebesar itu, dibanding kamera Redmi 12 yang hanya beresolusi 50 MP.

Kamera belakang kedua di Redmi 13 tidak berubah, tetap macro 2 MP dengan kualitas yang berada jauh di bawah kamera utama dan fokus fixed di jarak beberapa cm. Kamera depan ikut mendapat pembaruan dan kini beresolusi 13 MP (f/2.45).

Sayangnya, resolusi maksimal untuk perekaman video di Redmi 13 tetap terbatas pada 1080p 30 fps saja, begitupun dengan kamera depannya.

Untuk memori, Redmi 13 yang diterima KompasTekno dibekali dengan RAM 8 GB serta storage 256 GB. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging yang meningkat menjadi 33 watt.

Xiaomi ikut menyematkan fitur NFC untuk mengecek dan mengisi saldo kartu uang elektronik di Redmi 13. Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi HyperOS berbasis Android 14.

Harga Redmi 13 di Indonesia masih belum diumumkan. Sebagai gambaran saja, tahun lalu, Xiaomi memasarkan ponsel Redmi 12 dengan banderol mulai Rp 2 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2024/05/31/16020077/menjajal-redmi-13-calon-ponsel-terbaru-xiaomi-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke