Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Putra: Hacker dan Blogger Jangan Dibawa-bawa

Kompas.com - 31/03/2008, 16:29 WIB

JAKARTA, SENIN - Perusakan (deface) situs Depkominfo dan Partai Golkar yang terjadi minggu lalu tidak seharusnya dikait-kaitkan dengan hacker dan blogger. Masalah tersebut sebaiknya difokuskan kepada inti permasalahannya saja antara korban dan pelaku.     

"Situs seperti rumah kita, kalau diganggu bisa kita masalahkan, tapi jangan setiap orang yang lewat depan rumah terus diteriakin," ujar Budi Putra, salah satu blogger dan pendiri Asia Blogging Network yang dihubungi sore ini. Kalaupun pelakunya ditangkap dan mengaku sebagai seorang hacker atau blogger, bukan berarti hacker dan blogger lainnya terseret.

Ia juga menyayangkan masih adanya salah kaprah pengertian hacker dan cracker. Menurut mantan wartawan Tempo itu, hacker justru menjadi orang yang banyak jasanya seiring perkembangan Internet dan teknologi informasi sekarang ini. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa hacker untuk menguji sistem keamanan infrastruktur teknologi informasinya.

"Membobol situs tanpa diminta pemiliknya mungkin bisa masuk kategori itu (cracker)," katanya. Proses hukum menjadi haknya korban, namun menyikapi kasus pembobolan situs pemerintah dan publik, Budi berpendapat, perlu disikapi dari banyak aspek. Terjadinya pembobolan menunjukkan bahwa keamanan pada situs-situs tersebut masih lemah dan perlu segera diperbaiki. Apalagi situs-situs tersebut milik pemerintah yang sudah seharusnya dijaga dengan sangat baik.

Ia juga tidak melihat adanya masalah dengan para blogger. Menurutnya, kemungkinan tulisan di blog menyinggung pihak lain, SARA, atau menyebarkan konten pornografi tetap ada, namun tidak ada bedanya dengan media massa pada umumnya. Kalau ada masalah atau tersinggung juga bisa menggugat penulisnya. Namun, ia yakin hanya blog, yang menyajikan informasi-informasi bermanfaat, akan bertahan dan yang tidak, akan ditinggalkan pembacanya.

"Kita melihat tidak ada masalah, isinya bagus-bagus, spesifik, ditulis dengan penuh cinta penuh gairah," katanya ketika ditanya penilaiannya terhadap blog-blog di Indonesia. Blog di Indonesia juga mengalami perkembangan sangat pesat dan mulai mengarah menjadi industri. Sayang sekali kalau blog yang sedang tumbuh diberangus hanya karena masalah pribadi.(WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com