Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodak EasyShare M893IS, Lebih Baik dengan Perfect Touch

Kompas.com - 02/06/2008, 10:17 WIB

Melanjutkan jejak seri M pendahulunya, Kodak merilis EasyShare seri M893IS dalam resolusi 8,1 megapixel. Kode IS di belakang serinya menunjukkan fitur Image Stabilizer alias penstabil gambar yang bermanfaat membuat foto lebih tepat terfokus. Tahu dong, proses pembidikan obyek foto dengan tangan kerap menimbullkan sedikit guncangan yang membuat image jadi blur (kabur).

EasyShare M893IS juga memuat sistem Face Detectionuntuk mendapatkan foto wajah manusia yang lebih alami. Fitur ini sekarang banyak dipakai di berbagai merek kamera.

Kodak juga mengedepankan karakter HD (High Definition) pada kamera ini meskipun HD sendiri tidak memberi efek berarti kecuali mengubah besaran rasio layar (16:9) agar pas dinikmati di monitor pendukung HD. Namun, ketiga faktor inilah yang ditekankan seri M893IS.

Seperti seri M lain, Kodak menempatkan 18 skema foto yang membantu pemakai mendapatkan foto sesuai kondisi pencahayaan. Anda yang perlu memotret dengan ISO/ASA tinggi disediakan dukungan ISO yang mencapai 1600, meskipun pada pemotretan yang minim cahaya seringkali hasilnya banyak noise/kotor. Secara keseluruhan, fungsi fotografi yang tersedia jelas ditujukan pada pemotret pemula yang tak mau repot. Sayangnya sebagian tombol amat kecil sehingga menyusahkan pengguna yang berjari besar.

Seperti juga karakteristik kamera saku digital yang serba praktis, kualitas foto M893IS cenderung lembut meskipun sudah memakai fitur Face Detection atau pengaturan pencahayaan lainnya. Untuk foto outdoor sudah cukup bagus asalkan dalam kondisi cerah, sedangkan untuk indoor hasil foto kurang alami. Anda bisa mencoba pilihan skema (scene), meskipun kami anggap hasilnya tetap kurang optimal untuk indoor.

***

Ditinjau dari kualitas foto, M893IS hampir mirip dengan generasi pendahulunya, M853. Foto seringkali tampil lebih gelap daripada kondisi aslinya, karena itu penggunaan blitz amat kami sarankan. Untuk memperbaiki hasilnya bisa dicoba fungsi Perfect Touch dari menu preview/play yang tersedia, sayang proses ini kurang cepat.

Beberapa skema foto memberi hasil yang bagus walaupun warna yang tampil masih terkesan lembut. Akan tetapi, M893IS tetap menyenangkan sebagai kamera yang praktis, ringan, mudah dipakai, dan terjangkau kantong.

(sumber: InfoKomputer)

PLUS: Mudah dipakai; penstabil gambar;bidikan HD; pembatalan hapus file; ada A/V-output; daya batere.

MINUS: Ketajaman warna kurang; pengolahan grafis lamban; fitur kurang optimal.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)

Kinerja             : 3,5

Fasilitas             : 3,75

Penggunaan             : 4,5

 
 

SPESIFIKASI Kodak Easyshare M893IS

Resolusi pixels
8,1 megapixel (CCD 8,3 megapixel)
Resolusi foto (min/max)
1280x960/3296x2472 pixel
Resolusi video (min/max)

320x240 @ 30 fps/640x480 pixel @ 15 fps

Media perekam
Memori internal32 MB, SD/MMC
Format file (gambar/video/audio)
JPEG/MOV
Ukuran lensa ekivalen-35mm
34-102mm
Seting aperture
f/2,9-5,2
Ekivalen ISO
80, 100, 200, 400, 800, 1600
Zoom
3x optical dan 5x digital
Kecepatan shutter (detik)
4 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro)
10cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
2,7” (6,9 cm)
Koneksi komputer
USB
Tipe batere/isi ulang
Lithium Ion 720mAh / Ya
Dimensi (plt)
9,2x2,8x5,7 cm
Bobot dengan batere
134 gram
Garansi
1 tahun
Situs Web
www.kodak.com
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com