Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ki Joko Bodo: Semoga Bu Noor Bisa Disembuhkan (10)

Kompas.com - 10/07/2008, 16:31 WIB

PARANORMAL Ki Joko Bodo sepakat bila dikatakan penyakit yang kini diderita Noorsyaidah bukanlah penyakit biasa, tak bisa disembuhkan secara medis.

"Penyakit dia (Noorsyaidah) adalah penyakit yang dibuat oleh orang. Menurut ramalan batin saya, apa yang dideritanya itu sudah lebih dari lima tahun. Memang sepertinya, baru ketahuan sekarang-sekarang saja," kata Ki Joko Bodo dalam perbincanangan dengan persda network, Kamis (10/7).

Apa yang dialami Noorsyaidah, menurut ramalannya, dilakukan oleh orang yang pernah sakit hati. Ki Joko Bodo meyakini pula, Noorsyaidah semasa hidupnya pernah menyakiti hati seseorang.

"Dalam hal percintaan. Dia pernah memutus hubungan dengan seseorang sehingga membuat orang itu sakit hati. Salah satu faktornya adalah karena pernah menolak cinta. Sebetulnya menyebuhkan Noorsyaidah mudah," jelas Ki Joko Bodo.

Tak sulit sebetulnya menurut Ki Joko Bodo untuk agar penyakit itu hilang. Yang diperlu dilakukan Noorsyaidah  kini, adalah mencari tahu siapa orang yang pernah disakitinya. Kemudian, meminta maaf atas segala yang pernah ia lakukan kepada orang itu.

"Harus tahu dulu siapa saja yang pernah berhubungan (saling cinta) dengannya sebelum- sebelumnya. Kemudian, siapa yang paling berat cintanya, dan yang paling berat ditolak ketika itu. Masa lalu dia, dalam hal percintaan harus diingat-ingat betul. Kalau sudah ketemu, minta maaf, mudah-mudahan sembuh, " papar Ki Joko Bodo.

Ia berani menjamin, penyakit Noorsyaidah tak akan bisa disembuhkan dengan pengobatan medis biasa. Dokter manapun, diakuinya akan sia-sia saja yang tak akan bisa disembuhkan dengan tekhnologi manapun juga. Penyakit irasional, sebut Ki Joko Bodo, hanya bisa disembuhkan dengan cara yang irasional pula.

"Tekonologi secanggih apapun, masih kalah dengan upaya-upaya tradisional bangsa ini. Harus dilakukan pendekatan dengan cara-cara yang irasional juga," jelasnya.

Mengaku penasaran, Ki Joko Bodo berjanji akan mengunjungi Noordsyaidah. Selain ingin melihat secara langsung penyakit yang dideritanya, Ki Joko Bodo ingin berusaha membantu mengobati dengan apa yang bisa ia lakukan.

"Saya belum bisa pastikan kapan kesananya. Tapi, dalam waktu dekat saya pasti akan menemui dia. Saya juga penasaran, pingin melihat langsung.  Mudah-mudahan penyakitnya bisa disembuhkan, " kata Ki Joko Bodo. (persda network)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com