Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Taman di Beranda

Kompas.com - 31/10/2008, 08:20 WIB

BERANDA seringkali menjadi salah satu tempat favorit keluarga untuk berkumpul. Bersantai sembari minum teh di area ini, bisa juga menjadi pilihan aktivitas relaksasi. Agar aktivitas Anda dan keluarga semakin nyaman, coba ciptakan suasana alami dan sejuk di beranda rumah Anda.

Salah satu caranya adalah dengan menempatkan sejumlah tanaman pada beranda. Merepotkan? Sama sekali tidak. Anda hanya perlu memindahkan berbagai tanaman pot yang ada di halaman ke beranda. Anda bisa meletakkan tanaman-tanaman tersebut di sudut-sudut beranda yang tidak mengganggu jalur sirkulasi orang.

Tanaman berdaun lebar bisa menjadi pilihan. Selain membuat beranda Anda lebih sejuk, lebar daunnya juga bisa memberikan kesan teduh dan adem. Namun, jangan terlalu banyak menempatkan tanaman berukuran besar dan berdaun lebar. Karena, tentunya Anda tidak mau beranda Anda terlalu rimbun dengan tanaman, bukan?

Anda juga perlu memperhatikan jenis tanaman yang Anda pilih. Karena beranda adalah area yang tidak banyak mendapatkan sinar matahari, Anda bisa memilih tanaman-tanaman indoor plant. Contohnya berbagai jenis philodendron.

Agar pertumbuhan tanaman-tanaman tersebut tidak terganggu, setiap tiga hari sekali Anda harus mengeluarkan dan menempatkannya di area teduh yang masih terkena sinar matahari. Ini agar tanaman-tanaman tersebut mendapatkan cukup cahaya matahari untuk berfotosintesa.

Penulis: Anissa
Foto: Surai
Lokasi: Rumah Endang Lestari, Ciledug, Tangerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com