Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua MPR Pastikan Dunia Arab Bersatu Bantu Palestina

Kompas.com - 05/01/2009, 18:54 WIB

JAKARTA, SENIN -  Ketua MPR Hidayat Nurwahid memastikan, para negara-negara Arab (dunia Arab) sepakat untuk bersama-sama dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Hidayat beranggapan, tanpa persatuan dunia Arab, maka akan  sulit mengharapkan masalah Palestina dapat selesai dengan tuntas. Hal ini dikemukakan oleh politisi PKS itu melalui juru bicaranya Hartono, usai melakukan  pertemuan delegasi ulama dan tokoh Islam internasional dengan Raja Saudi Arabia Abdullah bin Abdul Aziz, Minggu (4/1) waktu setempat.

Pertemuan itu, kata Hartono, dipimpin oleh ulama internasional Syaikh Yusuf Qaradhawi. Hidayat diterima oleh Raja Kerajaan Saudi Arabia Abdullah bin Abdul Aziz di Istana Raja di Riyadh.

"Kedatangan delegasi ulama dan tokoh Islam internasional, Hidayat Nurwahid merupakan salah satu pendiri organisasi ulama Internasional yang saat ini diketuai oleh Yusuf Qaradhawi. Ini  adalah rangkaian pertemuan delegasi dengan pimpinan dunia Arab untuk membahas krisis kemanusiaan di Palestina yang kian memburuk seiring meningkatnya serangan tentara Israel terhadap Gaza," kata Hartono.

Hidayat menyampaikan, dalam diskusi yang berlangsung hangat, Raja Abdullah bin Abdul Aziz mendukung sepenuhnya misi ulama dan tokoh Islam internasional yang menemui pemimpin-pemimpin dunia Arab agar mereka memberikan bantuan nyata terhadap Negara dan rakyat Palestina yang terus digempur oleh mesin perang Israel. Raja Abdullah bin Abdul Aziz, imbuh Hidayat, juga sepakat terhadap usulan organisasi ulama internasional mengenai pentingnya persatuan dunia Arab, khususnya dan umat Islam umumnya untuk membantu menyelesaikan masalah Palestina.

"Dalam pertemuan  itu, pak Hidayat, Raja Abdullah bin Abdul Aziz juga mengusahakan agar wilayah Rafah, yang berbatasan dengan Palestina bisa dibuka lebih luas dan lebih lama agar bantuan kemanusiaan dari berbagai penjuru dunia bisa masuk ke Gaza," jelas Hartono menirukan perkataan Hidayat Nurwahid.

Sementara Raja Abdullah bin Abdul Aziz telah memerintahkan untuk mengumpulkan bantuan kemanusiaan untuk dikirim ke Palestina. Pertemuan dengan Raja Saudi Arabia ini, merupakan pertemuan kedua delegasi dengan pimpinan dunia Arab, setelah sebelumnya, pada Sabtu (3/1) di Qatar delegasi bertemu dengan Emir Qatar, Syaikh Ahmad bin Khalifa al-Tsani. Senada dengan Raja Saudi Arabia, Emir Qatar juga mendukung misi delegasi ulama dan tokoh Islam internasional untuk membantu Palestina.

"Emir Qatar akan mengusulkan sidang istimewa Liga Arab untuk menghentikan serbuan tentara Israel ke wilayah Palestina," terang Hidayat.

Senin (5/1) pagi waktu setempat delegasi akan bertemu dengan Presiden Suriah di Damaskus untuk misi yang sama. Setelah itu delegasi akan bertemu dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak dan Raja Abdullah. Delegasi juga merencanakan bertemu dengan Pimpinan Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Pimpinan Liga Arab. "Kami sudah mengirim kawat ke Sekjen OKI Akmaludin Ihsan Oglo dan Sekjen Liga Arab Amru Musa untuk bertemu," ungkap Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com