Wow, Tarif Telepon Indonesia Termurah Se-Asia

Kompas.com - 16/02/2009, 15:12 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN — Meski tahun 2005 tarif telepon seluler di Indonesia menyandang predikat termahal, tetapi pada tahun 2009 predikat itu berubah menjadi termurah di Asia. Saat ini tarif seluler per menitnya rata-rata 0,015 dollar AS atau sekitar Rp 180 per menit.

"Tahun 2005, tarif seluler 0,15 dollar per menit, sekarang rata-rata tarif seluler Indonesia termurah sebesar 0,015 dollar AS. Itu belum yang tarif gratisan," kata Menteri Komunikasi dan Informasi M Nuh di Depkominfo Jakarta, Senin (16/2).

Nuh mengatakan, pemberlakuan tarif ini harus dibarengi dengan kualitas layanan dari operator, tidak hanya sekadar mencari keuntungan dari pelanggan sehingga pengguna tidak tertipu oleh promosi operator agar menggunakan layanan mereka. Untuk itu, tahun 2009, Depkominfo akan menekankan pengembangan kualitas dari infrastruktur yang ada.

Namun, untuk mencapainya perlu diimbangi dengan ketersediaan jangkauan layanan dan keterjangkauan masyarakat terhadap tarif murah tersebut. "Ujungnya, tidak lain untuk kepuasan para pengguna," tambah Nuh.

Selain itu, Nuh juga menyebut program customize services. Program ini akan menjadi prioritas selanjutnya pada tahun 2010. Tujuannya agar para operator bisa memberikan layanan yang lebih spesifik untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. "Puncaknya akan terwujud socio transformation, di mana Indonesia memiliki rumah telekomunikasi yang mampu melayani kebutuhan komunikasi di Indonesia," jelas Nuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.