Mobil Rental Ini Dijual Tanpa BPKB

Kompas.com - 18/01/2010, 21:50 WIB
Editorbnj

JEPARA, KOMPAS.com — Kepolisian Resor (Polres) Jepara menangkap pelaku penggelapan sembilan mobil rental, Nur Toha (25), warga Desa Batealit, Kabupaten Jepara.

Kapolres Jepara AKBP Kamdani mengatakan, terungkapnya kasus penggelapan ini berawal dari laporan para pembeli mobil karena tak kunjung mendapatkan BPKB.

"Awalnya, tersangka merupakan orang kepercayaan Abdul Wakhid, pemilik mobil rental. Tapi, pelaku justru menjual mobil-mobil yang seharusnya disewakan itu," jelas Kamdani.

Untuk mengelola mobil rental di wilayah Jepara itu, pelaku ditarget harus menyetorkan hasil jasa rental senilai Rp 30 juta per bulannya.

Untuk mengelabui pemilik mobil, setiap bulannya pelaku rutin menyetorkan uang sebesar Rp 30 juta selama tujuh bulan.

Sementara itu, Malik, salah satu pembeli mobil dari tersangka, percaya karena pelaku mengaku memiliki showroom mobil.

Polisi berhasil menyita enam mobil dari para pembeli. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.