Pencipta Java, James Gosling, Mundur dari Oracle

Kompas.com - 12/04/2010, 06:48 WIB
Editorwah

WASHINGTON, KOMPAS.com - Setelah diakusisi Oracle, Sun kembali ditinggalkan orang-orang penting yang turut membesarkannya. Menyusul sang CEO Sun Jonathan Schwartz, James Gosling yang dikenal sebagai pencipta bahasa pemrograman Java juga menyatakan mengundurkan diri.

"Ya, rumornya benar. Saya mengundurkan diri dari Oracle satu minggu lalu (2 April)," ujar James Gosling dalam blog barunya yang beralamat di www.nighthacks.com, Jumat (9/4/2010) lalu. Ia mengaku berat menjelaskan alasannya keluar dari Oracle karena kalau bicara jujur, ia takut lebih banyak membicarakan hal buruk.

Namun, yang pasti setelah kaluar dari Oracle kini ia bisa bebas ngeblog lagi. Semua isi blog yang pernah ditulisnya di Sun kini dialihkan ke alamat baru karena sesuai kebiajakan Sun semua hasil tulisan di blog menjadi hak penulisnya.

"Beberapa tulisan di blog yang saya tulis di blogs.sun.com ditulis dengan kebijakan yang bisa dibilang lebih ketat :)," katanya. Apakah gara-gara tak bisa bebas ngeblog menjadi salah satu alasannya keluar Oracle?

Tak lupa, ia meminta maaf kepada semua orang yang hadir dalam acara TechDays di St Petersburg, Russia pada Kamis sebelumnya. Seharusnya, Gosling menjadi salah satu pembicara yang selalu ditunggu-tunggu para pengembang Java. "Hal yang paling berat adalah tak lagi bersama orang-orang hebat yang telah bekerja sama selama bertahun-tahun," lanjut Gosling.

Gosling mengatakan kelak mungkin mencari pekerjaan baru. Namun, sejauh ia mengaku belum punya rencana apapun kecuali beristirahat barang sebentar sebelum mulai bekerja lagi.

Lahir di Calgary, Kanada, 19 Mei 1955, James Gosling menamatkan kuliah di Imlu Komputer Universitas Clagary tahun 1977. Ia kemudian meraih gelar PhD di bidang yang sama dari Universitas Carnegie Mellon. Sebelum bergabung dengan Sun, Gosling pernah membuat beberapa software seperti NeWS dan Emacs. Namun, yang membuatnya sangat terkenal adalah saat menciptakan bahasa pemrograman Java.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X