Google Larang Karyawan Gunakan Windows

Kompas.com - 01/06/2010, 16:10 WIB
EditorTri Wahono

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com — Raksasa internet Google telah memutuskan untuk tak lagi menggunakan sistem operasi Microsoft Windows di kantor pusatnya. Menurut laporan yang dilansir Financial Times, Google melarang penggunaan Windows di jaringan internalnya untuk mengantisipasi masalah keamanan setelah mengalami kebobolan besar-besaran akhir tahun lalu.

Disebutkan, Google meminta karyawan baru agar tidak lagi memesan komputer dengan sistem operasi Windows. Sebagai gantinya, mereka hanya diperbolehkan menggunakan sistem operasi Linux atau Mac. Sebelumnya, Google membebaskan karyawannya untuk memilih sistem operasi yang diinginkan.

Sejumlah karyawan Google masih bisa menggunakan komputer Windows, tetapi harus dengan izin khusus. Misalnya, pada komputer-komputer yang dipakai untuk mengetes layanan-layanan yang dirilis Google, di mana para insinyurnya masih harus menguji coba secara langsung di berbagai platform.

Akhir tahun ini, kemungkinan Google hanya memperbolehkan satu sistem operasi bagi karyawannya, yakni Chrome OS. CEO Google Eric Schmidt sempat mengungkap rencana tersebut dalam sebuah seminar mengenai cloud computing bulan lalu. Sistem operasi berbasis browser web yang dikembangkan Google tersebut diklaim akan jauh lebih aman dibandingkan sistem operasi yang ada saat ini.

Google mengaku mendapat serangan terkoordinasi akhir tahun lalu dan sejumlah kekayaan intelektualnya dicuri pelaku dengan menembus sistem keamanan jaringannya. Google menuduh serangan tersebut dari China dan sebagai protes akhirnya menutup kantornya di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.