Segera Terwujud, Kloning Manusia tapi Virtual

Kompas.com - 21/10/2010, 22:54 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Sebuah perusahaan bernama Intellitar sudah siap untuk meluncurkan peranti lunak bernama Virtual Eternity yang bisa menghasilkan kloning digital dari seseorang. Hasil kloning ini berupa video yang mampu berinteraksi dengan menjawab pertanyaan dan merespons percakapan sesuai kepribadian asli.

Sistem yang dibuat Intellitar merekam gambar orang dan beberapa keunikan vokal. Intellitar punya berbagai pertanyaan dan orang yang hendak dikloning diminta penjawab pertanyaan. Lalu, dengan sistem intelegensi buatan, Intellitar membuat kepribadian berdasarkan masukan yang diterima.

Video interaktif bisa jadi percakapan yang kikuk. Akan tetapi, sistem ini bisa dilatih agar memberikan respons tertentu sehingga sesuai dengan kepribadian yang diinginkan atau kepribadian asli.

Kloning CEO Intellitar saat ini bisa berinteraksi di situs web perusahaan tersebut. Kloning yang sempat muncul tersebut memberikan gambaran kepada para pengunjung yang ingin mengetahui tampilan dan kerja sistem.

Pengaplikasian sistem ini pun sepertinya sudah jelas. Seperti dicontohkan Intellitar, kloning seorang profesor bisa tersedia di internet untuk menjawab pertanyaan para muridnya. Seorang kakek bisa menjawab pertanyaan cucu-cucunya yang belum sempat terjawab pada saat hidupnya. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.