Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputasi Awan Jadi Strategi Bisnis Fujitsu

Kompas.com - 26/01/2011, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fujitsu akan mengembangkan strategi bisnis tahun 2011 dengan dasar pada cloud computing atau komputasi awan. Hal itu ditegaskan Achmad S Sofyan, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia dalam acara media gathering di Hard Rock Hotel, Kuta, Bali, Selasa (25/1/2011).

Ia mengatakan, Fujitsu telah menginvestasikan dana sebesar 1,1 miliar dollar AS di berbagai bidang yang terkait komputasi awan. Selain itu, Fujitsu juga akan melatih 5000 spesialis hingga tahun 2012.

Dengan investasinya, Fujitsu berharap dapat meraih pendapatan global dari bisnis komputasi awan hingga 17 miliar dollar AS hingga Maret 2016. Bisnis komputasi awan yang dimaksud mencakup jasa konsultasi dan layanan layanan awan bernilai tinggi.

"Saat ini jasa komputasi awan mendatangkan sekitar 14 juta dollar AS untuk Fujitsu, terutama dari infrastruktur sebagai layanan. Di masa depan, sebagian besar pendapatan itu akan datang dari jasa konsultasi, integrasi dan model-model lain konsumsi awan," papar Achmad.

Achmad melanjutkan, sebagian besar investasi akan dialokasikan untuk pengembangan data center. Investasi lain adalah transformasi internal semacam pelatihan dan restrukturisasi bisnis sehingga mampu menyesuaikan di pasar awan. Fujitsu juga bermitra dengan Microsoft Azure untuk mengembangkan piranti lunak sebagai layanan.

Di Asia Tenggara, Fujitsu berinvestasi sebesar USD 38 juta untuk membangun platform Awan global di Singapura. Platform awan tersebut adalah 1 diantara 5 fasilitas serupa yang didirikan Fujitsu serta akan melayani seluruh wilayah Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com