Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PONSEL CANGGIH

Optimus 2X "Dual-Core" Mengubah Tren

Kompas.com - 02/05/2011, 02:43 WIB

AW Subarkah

 Dunia sepertinya terasa semakin kencang saja berputar. Hambatan infrastruktur ternyata bukan menjadi hambatan bagi para vendor telepon seluler untuk memacu kualitas produknya. Bahkan justru terkesan sebaliknya, mereka makin agresif berlomba. 

Dengan demikian, sistem operasi bukan menjadi satu-satunya andalan ponsel canggih, tetapi juga kemampuan elektronis menjadi syarat yang tidak bisa ditawar, termasuk penggunaan prosesor dengan inti ganda atau dual-core yang selama ini lebih banyak diterapkan pada komputer, setidaknya untuk notebook.

LG menjadi vendor ponsel pertama di dunia yang memperkenalkan inti-ganda pada ponsel canggih Optimus 2X (LG-P990). Ponsel yang sudah hadir sejak akhir April di Indonesia ini akan semakin mempertajam tren ponsel dunia, termasuk di negeri ini tentunya.

Dengan demikian, setidaknya hambatan jaringan seluler yang selama ini masih menjadi kendala utama implementasi ponsel canggih, setidaknya terbantu dengan penerapan prosesor inti-ganda 1 GHz dari NVIDIA TegraTM2. Tentu hal ini juga akan menggairahkan dinamika dunia seluler yang dirasakan semakin jenuh oleh beberapa pihak.

”Penggunaan dual-core ini selain membantu mempercepat proses, juga akan menghemat baterai hingga 40 persen,” kata Legi Soegianto, Product Marketing Group Head Mobile Communication Division PT LG Electronics Indonesia (LGIN) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kehadiran ponsel berbasis sistem operasi Android dari LG ini setidaknya akan semakin meramaikan persaingan ponsel canggih kelas atas. Sebelum Optimus 2X, yang menonjol dari ponsel Android adalah Sony Ericsson Arc dengan sistem operasi versi 2.3 (gingerbread). Sementara sistem operasi iOS Apple yang juga baru diluncurkan bersama operator XL adalah iPhone 4 yang menggoyang publik negeri ini.

Kinerja

Sudah selayaknya apabila dalam peluncuran Optimus 2X pekan lalu di Jakarta, Presiden Direktur LGIN Kim Weon Dae terlihat sangat bangga. ”LG Optimus 2X merupakan era baru smartphone berkemampuan setara dengan komputer”, katanya.

Satu langkah maju perkembangan smartphone telah diukir perusahaan dari Korea itu. Selain membantu mempercepat proses download melalui jaringan yang mengendala, juga sudah tentu banyak keuntungan lain berkaitan dengan multitasking tanpa henti. Termasuk keandalan dalam menyajikan sarana hiburan, baik video, audio, maupun permainan (game).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com