Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi-lagi Apple Komplain HTC

Kompas.com - 11/08/2011, 08:39 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Apple Inc lagi-lagi mengeluhkan pelanggaran hak paten yang dilakukan HTC. Tudingan pelanggaran hak paten tersebut bakal ditinjau oleh lembaga perdagangan Amerika Serikat. Kalau terbukti, lembaga ini memiliki kekuatan untuk memblokir impor ponsel dari perusahaan asal Taiwan tersebut yang mencoba memperkenalkan komputer tablet baru bernama Flyer.

Selain lembaga perdagangan AS, komisi perdagangan internasional juga akan menyelidiki tuduhan bahwa HTC telah melanggar lima hak paten milik Apple. Hak paten itu di antaranya adalah arsitektur software dan perangkat elektronik portabel bagi pengguna, perangkat keras untuk layar sentuh, dan sensor gerakan.

Seorang hakim perdagangan bulan lalu mengatakan, HTC telah melanggar dua hak paten Apple. Selanjutnya, keputusan tersebut bakal ditinjau oleh komisi yang beranggotakan enam prang. Jika komisi setuju, perintah larangan impor ponsel HTC tertentu yang menggunakan sistem operasi Android Google Inc dapat direalisasikan.

HTC tentu membantah tudingan Apple tersebut dan menantang Apple untuk membuktikan tuduhannya. Pada Maret lalu, HTC merilis Flyer, perangkat tablet pertama di Amerika Serikat untuk menyaingi iPad buatan Apple dan Galaxy Tab Samsung. Flyer ini memiliki layar 7 inci dan menggunakan sistem operasi Android.(Kontan/Handoyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com