Kompas.com - 22/09/2011, 20:40 WIB
|
EditorBenny N Joewono

NEW YORK, KOMPAS.com - Bill Gates menjadi orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes 400. Dalam situs Forbes.com disebutkan kekayaan bersih pengusaha yang putus kuliah dari Universitas Harvard ini mencapai 59 miliar dollar AS per bulan September 2011.

Seperempat dari kekayaan bersihnya berada di perusahaan teknologi yang didirikannya, Microsoft. Sisa kekayaannya, ia simpan dalam aset pribadi, saham global, obligasi, dan sejumlah perusahaan swasta.

Gates pun bukan hanya seorang pengusaha yang sekedar mencari keuntungan belaka. Ayah dari tiga orang anak ini memiliki misi utama dalam hidupnya untuk menumpas penyakit polio.

Gates sendiri telah menyumbang 28 miliar dollar AS untuk pemberantasan penyakit yang masih ada di empat negara di dunia. Di mana untuk kebutuhan vaksin saja perlu 1 miliar dollar per tahunnya. Melalui yayasannya, ia telah mengeluarkan dana mencapai 200 juta dollar AS.

Ternyata bukan hanya polio saja yang diperhatikan oleh pengusaha AS ini. Gates juga serius memerhatikan dunia pendidikan. Bantuan sebanyak lebih dari 2 miliar dollar AS telah ia gelontorkan untuk membantu sejumlah Sekolah Menengah Atas selama tahun 2000-2008.

"Saat saya mengumumkan pensiun saya pada tahun 2006, saya sedang bekerja di yayasan. Saya tertarik oleh sejumlah isu seputar ilmuwan yang menemukan vaksin, membuat benih yang lebih baik, dan bagaimana pendidikan sulit untuk dikembangkan. Saya pun melihat adanya kesulitan dana. Saat itu, tidak ada yang mau membiayai (penelitian) vaksin malaria, tidak ada yang mau membiayai vaksi tuberkolosis. Saya terpikat oleh semua itu, dan memutuskan bahwa saya sepenuhnya akan mengelola yayasan," ujar Gates seperti yang dikutip Forbes.com, Rabu (21/9/2011).

Dengan bantuan dari Warren Buffet, yang juga merupakan orang terkaya kedua di AS dalam versi yang sama, ia diyakinkan untuk menandatangani "Sumpah untuk Memberi". Di mana sumpah itu berisi janji pengusaha untuk mendonasikan sebagian besar kekayaannya untuk amal selama ia hidup ataupun setelah meninggal.

Selain Bill Gates, sembilan orang lainnya yang termasuk dalam daftar Forbes 400 yaitu Warren Buffet, Larry Ellison, Charles Koch, David Koch, Christy Walton, George Soros, Sheldon Adelson, Jim Walton, dan Alice Walton. Sumber:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.