Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompetisi Mobil Listrik Indonesia

Mobil Listrik Mahasiswa UNY Raih Gelar Terbaik

Kompas.com - 24/10/2011, 10:41 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tampil sebagai juara umum dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia III yang digelar Politeknik Negeri Bandung yang berakhir Minggu (23/10/2011) ini. Mobil buatan mereka, Bogi Power Car, berhasil menjuarai dua kategori, yakni tanjakan dan efisiensi.

Menurut ketua panitia, Paula Santi Rudati, kategori lainnya dimenangkan mobil PML 2 yang dirancang oleh mahasiswa dari Politeknik Negeri Semarang. Kejuaraan ini diikuti 11 mobil dari delapan perguruan tinggi, yakni Denkiaka Car (Politeknik Elektronika Surabaya-ITS), Titen GX-3 (Universitas Jember), PML 2 (Politeknik Negeri Semarang), STTNas Speeder II Revolution (STTNas Yogyakarta), UNY EVO (Universitas Negeri Yogyakarta), Bogi Power Car (UNY), Graziolli (Politeknik Manufaktur Negeri Bandung), New EVRT 21 (Politeknik Negeri Bandung), All New Rexelleration (Politeknik Negeri Bandung), Blue Warrior (Politeknik Negeri Jakarta), dan BM-Mech (Politeknik Caltex Riau).

Paula mengungkapkan, event ini sudah terselenggara untuk ketiga kalinya. "Karena antusiasme dari peserta ingin berpartisipasi pada event serupa tahun mendatang. Kami pun menyanggupinya meski tahun ini harus mencari sponsor selain dari Kementerian Pendidikan Nasional," katanya.

Disinggung mengenai output dari kejuaraan ini, Paula mengaku masih kebingungan. Pasalnya, belum ada koneksi untuk mengikutsertakan juara kompetisi ini ke event skala internasional karena yang lebih banyak jadi perhatian baru mobil tenaga surya. Studi mengenai mobil berbahan bakar hibrida pun ternyata punya perbedaan mendasar dengan mobil listrik.

Namun, kata Paula, event ini harus tetap diselenggarakan sebagai wahana menumpahkan kreativitas mahasiswa untuk angkutan berbahan bakar listrik yang barangkali menjadi jawaban masalah energi di Indonesia ataupun di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com