Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Siap Rilis "iPad China" Tahun Ini

Kompas.com - 25/10/2011, 10:24 WIB

KOMPAS.com - Jack Ma sering dijuluki sebagai Steve Jobs-nya negeri China dan julukan itu sepertinya tidak salah setelah Alibaba, perusahaan miliknya, akan memperkenalkan perangkat tablet yang akan menjadi rival kuat iPad di China.

Perangkat tablet ini akan dirilis akhir tahun ini, demikian menurut Wang Jiang, CTO Alibaba. Tablet yang akan akan diproduksi oleh Tianyu ini akan menggunakan sistem operasi berbasis Linux, Aliyun, yang telah dirilis Alibaba pada Juli 2011 lalu.

Nama Tianyu dan Aliyun sangat populer di China karena perangkat buatan Tianyu, K-Touch W700, yang merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Aliyun sudah digunakan masyarakat China sejak awal tahun ini. Ponsel buatan Tianyu ini dijual dengan harga 416 dolar AS.

Alibaba belum mengeluarkan spesifikasi detail dan harga tablet barunya ini. Namun yang pasti, tablet yang kemungkinan bernama "YanPad" ini akan dihubungkan ke dalam jaringan perdagangan online, retail, dan platform pembayaran serta layanan cloud computing yang dimiliki Alibaba.

Sistem operasi 'cloud computing' Aliyun yang akan digunakan di tablet Alibaba ini memang sangat populer di China, namun tantangan berat akan datang dari iPad dengan iOS-nya dan tablet Android serta tablet-tablet lain dengan harga yang sangat murah.

Di China sendiri, produk-produk buatan Apple sangat populer. Apple menyebutkan China akan menjadi pasar kedua terbesar Apple, setelah Amerika. Apple sangat serius menggarap pasar di China, ini terlihat dari akan dibukanya beberapa Apple Store baru, setelah sukses membuka Apple Store di Shanghai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com