Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berselancar di Internet, Berburu Rumah Idaman

Kompas.com - 27/10/2011, 18:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengklaim punya lebih dari 120.000 informasi tempat tinggal dan komersial, Rumah.com resmi resmi diluncurkan untuk membantu jual beli, sewa, dan investasi berbagai tipe properti. Situs masuk dalam jaringan portal PropertyGuru yang berbasis di Singapura.

"Namanya simpel dan mudah diingat, sehingga memudahkan pengguna yang hendak membeli atau menjual properti mereka dengan nyaman," kata Steve Melhuish, CEO and Co founder PropertyGuru Grup, di Jakarta, Rabu (26/10/2011) kemarin.

Steve mengatakan, lalu lintas situsnya tumbuh dengan baik hingga 50 persen. Ia mengatakan, situs ini menjanjikan direktori perumahan, lengkap dengan foto dan informasi mengenai lokasi.

"Sementara para calon pembeli mencari berdasarkan harga dan lokasi," ujarnya.

Sampai saat ini, situs yang berdiri sejak 2007 ini memiliki lebih dari 11 ribu anggota terdaftar dilengkapi fitur mencari tipe properti, mulai hunian sampai industri.

Sementara itu, menurut President Director Rumah.com, Harlow G Russell, misi dari situs ini adalah menciptakan sumber informasi terlengkap mengenai properti di Indonesia.

"Misinya agar orang dapat menemukan tempat tinggal idaman mereka," kata dia.

Sebelumnya, seperti diberitakan KOMPAS.com, Rabu (26/10/2011) Darmadi Darmawangsa, Ketua Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (Arebi), mengatakan bahwa portal menjadi kanal marketing baru bagi broker dan pengembang.

Namun, pengembang jangan berharap banyak dahulu lewat metode ini. Sebab, umumnya pembeli properti berusia 40 tahunan. Sementara pada periode usia itu kecenderungannya konsumen properti jarang yang rajin mengakses internet untuk mencari rumah atau apartemen.

"Sebab, orang pikir-pikir mau beli online, biasanya lihat langsung. Sekalipun seken, tetap lebih aman kalau lihat langsung," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com