Ubuntu Bersiap Masuk ke Smartphone, Tablet, dan Smart TV

Kompas.com - 31/10/2011, 15:48 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Ubuntu lebih dikenal orang sebagai sistem operasi berbasis Linux untuk digunakan di PC atau laptop. Namun mulai tahun depan, Ubuntu akan dapat Anda jumpai di perangkat lain, seperti smartphone, tablet, dan smart TV.

Pengumuman resmi rencana masa depan Ubuntu ini sebenarnya baru akan dilakukan di acara Ubuntu Developer Summit yang berlangsung mulai besok (1/11/2011) di Orlando, AS. Namun, informasi ini justru "bocor" langsung dari Mark Shuttleworth, pendiri Canonical, perusahaan di balik disro Linux Ubuntu, saat diwawancara oleh jurnalis dari ZDnet.

Mark mengatakan, rencana jangka pendek Ubuntu adalah merancang Ubuntu 12.04 (yang dirilis bulan April 2012) sestabil mungkin dan melengkapinya dengan antarmuka dekstop Unity, sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya. Setelah itu, baru Canonical akan berekspansi dari komputer desktop Linux ke seluruh jenis perangkat komputasi (computing device).

"Ini merupakan ekspansi alamiah yang sejalan dengan misi Ubuntu sebagai Linux untuk seluruh umat manusia. Semua orang akan beralih dari desktop ke media komputasi baru, oleh karena itu penting untuk kami mendekat ke komunitas yang menggunakan media baru ini. Jadi, kami akan mengambil tantangan menerapkan Ubuntu di smartphone, tablet, dan televisi pintar," ujar Mark menambahkan.

Rencana Ubuntu ini tentu akan meramaikan persaingan antarsistem operasi mobile yang saat ini masih berkutat antara (Google) Android, Windows Phone, dan (Apple) iOS.

Sayangnya, rencana Ubuntu ini tak akan terlaksana dalam waktu dekat. Mark Shuttleworth mengatakan Ubuntu untuk perangkat mobile dan televisi ini baru akan tersedia pada bulan April 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.