Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ibadah Haji

218.000 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Arab Saudi

Kompas.com - 02/11/2011, 00:05 WIB
Penulis Agus Mulyadi
|
EditorAgus Mulyadi

MEKKAH, KOMPAS.com — Sebanyak 218.800 jemaah haji Indonesia sudah berada di Arab Saudi hingga Selasa (1/11/2011) pukul 16.09 waktu Arab Saudi (WAS) atau 22.09 WIB (90,96 persen) dari total jemaah yang berhak mendapatkan visa berangkat haji.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama di Mekkah menyebutkan, dari jemaah yang sudah datang di Arab Saudi, sebanyak 202.129 orang atau 99,96 persen merupakan haji reguler dan 16.617 orang atau 90,96 persen merupakan haji khusus, atau dulu disebut ONH Plus.

Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan bahwa batas akhir (closing date) kedatangan jemaah haji dari seluruh negara tiba di negara itu adalah 31 Oktober pukul 24.00 WAS atau 1 Oktober pukul 04.00 WIB.

Jumlah jemaah haji Indonesia yang tiba di Arab Saudi berasal dari embarkasi SUB (Surabaya) dengan 40.875 orang, disusul embarkasi JKS (Jawa Barat) 37.878 orang, embarkasi SOC (Solo) 33.733 orang, serta embarkasi UPG (Makassar) 16.299 orang.

Embarkasi yang paling banyak menerbangkan jemaah haji adalah embarkasi SUB sebanyak 92 kelompok terbang (kloter), embarkasi SOC sebesar 91 kloter, embarkasi JKS 85 kloter, embarkasi JKG 52 kloter, serta embarkasi BTH (Batam) 23 kloter.

Sementara jumlah jemaah yang wafat hingga saat ini mencapai 92 orang, terbanyak berasal dari embarkasi SUB 18 orang, embarkasi SOC 14 orang, embarkasi JKS 13 orang, embarkasi JKG 12 orang, serta embarkasi MES 10 orang.

Dari total jemaah yang wafat sebanyak 92 orang tersebut, sebanyak 90 orang merupakan jemaah dari haji reguler dan dua orang merupakan haji khusus.

Kondisi Mekkah saat ini makin padat dengan perkiraan jemaah yang sudah datang dari berbagai negara mencapai dua hingga tiga juta orang untuk menunaikan ibadah haji.

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.