Google Rombak Algoritma Mesin Pencarinya

Kompas.com - 04/11/2011, 14:47 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google kembali merombak algoritma mesin pencarinya agar penggunanya mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relevan. Update 'algoritma segar' ini akan mengubah sebagian besar hasil pencarian, misalnya bila Anda mencari dengan kata kunci 'Olimpiade' maka hasil pencariannya akan lebih banyak memunculkan informasi tentang Olimpiade 2012, dibanding Olimpiade 2008.

Hasil pencarian algoritma baru ini juga akan menampilkan informasi terbaru dari berita-berita yang sedang "hangat" dan menganalisis tren yang sedang terjadi demi memberikan hasil yang paling revelan atas permintaan pencarian Anda.

Dalam sebuah posting di blog perusahaan, Amit Singhal dari Google mengatakan update ini akan membawa nuansa yang lebih dekat ke hasil pencarian tentang kejadian yang sedang terjadi.

"Jika saya mencari dengan kata Olimpiade," tulisnya. "Saya mungkin ingin informasi tentang Olimpiade mendatang musim panas depan, bukan Olimpiade Musim Panas 1900.

"Jeroan mesin pencari Google versi terbaru ini dirancang untuk memberikan hasil yang paling termutakhir untuk Anda, bahkan ketika saya hanya memasukkan 'Olimpiade' saja tanpa menentukan 'Olimpiade 2012', saya masih menemukan apa yang saya cari," Singhal menambahkan.

Perubahan ini dibangun berkat Caffeine Index Update, yang memungkinkan penjaringan informasi arsip web lebih cepat yang secara langsung memudahkan untuk menggali informasi termutakhir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.