Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,8 Juta Pengguna "Putus Hubungan" dengan BlackBerry

Kompas.com - 11/11/2011, 13:55 WIB

KOMPAS.com - Research in Motion (RIM) kehilangan 1,8 juta pelanggan di Amerika Serikat selama tiga bulan terakhir, hingga September 2011. Data diperoleh berdasarkan survei comScore's MobiLens terhadap pengguna smartphone, sejak ponsel-ponsel dengan sistem operasi terbaru BlackBerry 7 masuk ke pasar.

Dengan jumlah ini, artinya RIM telah kehilangan 10 persen pelanggan dibandingkan jumlah pelanggan pada Juni 2011. Padahal, total pengguna ponsel pintar di Amerika Serikat yang berumur di atas 13 tahun meningkat sebanyak 12 persen, menjadi 87,4 juta pada akhir Juni. Berarti, terdapat 9,4 juta ponsel pintar yang terjual pada periode Juni hingga September, namun bukan produk RIM.

Berdasarkan survei tersebut, produk yang menguasai pasar pada tiga bulan terakhir adalah Google Android, yang mengusai 40,2 persen pasar ponsel pintar pada Juni 2011 dan meningkat 24, 8 persen pada September 2011.

Posisi kedua adalah Apple yang menguasai 26,6 persen pasar ponsel pintar pada Juni 2011 dan meningkat 15,4 persen pada September 2011. Penjualan Apple meningkat sejak diluncurkannya iPhone 4S meskipun setelahnya menuai banyak komplain dari para pembeli.

RIM masih menduduki posisi ketiga di Amerika Serikat meski kehilangan pelanggan sebanyak 1, 8 juta. Kemudian disusul Microsoft dan Symbian yang berkembang sangat lambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com