Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia, Pasar Mobile Internet Paling Siap di Asia Tenggara

Kompas.com - 09/12/2011, 14:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS -  Sebuah penelitian tentang kebiasaan penggunaan mobile Internet menunjukkan akses mobile Internet kini mengalami peningkatan di sebagian besar pasar di Asia Tenggara. Dan Indonesia berada di posisi teratas dengan pertumbuhan mengejutkan sebesar 160 persen dibanding kondisi 2009.

Pendorong pertumbuhan mobile Internet ini adalah generasi muda pria (15-24 tahun) yang memiliki akses ke perangkat dengan harga rendah yang menyediakan beragam fungsi smartphone dengan harga telepon seluler (ponsel) biasa dan berperan sebagai katalis bagi perkembangan mobile Internet.

Perangkat seluler tersebut (pada umumnya berharga di bawah 200 dollar AS) hadir bersama paket data yang murah, fitur canggih seperti fungsi panggilan dan mengirim pesan singkat (SMS), kemudahan akses ke web mobile serta beragam fitur multimedia.

Kini, Indonesia memiliki biaya bulanan untuk mobile Internet yang terendah (rata-rata 12,5 dollar AS), diikuti Filipina (13,1 dollar AS), Malaysia (15 dollar AS), dan Vietnam (24 dollar AS ).

Dengan hanya 8 persen dari populasi di Indonesia yang menggunakan mobile Internet (20 juta pengguna), ada potensi besar yang belum tersentuh oleh Yahoo! untuk mendapat wawasan mendalam melalui penelitian Yahoo! Net Index 2011.

Yahoo! Net Index 2011 menunjukkan, Nokia (46 persen) merupakan merek yang dominan untuk mengakses Internet, diikuti BlackBerry (10 persen ), dan pemain lokal Nexian (9 persen).

Diharapkan, dengan pengembangan infrastruktur, peningkatan jumlah pengguna mobile Internet dan promosi paket data yang lebih menarik, harga paket data akan menurun sejalan peningkatan skala ekonomi bagi operator.

Kini, IM3 masih menjadi penyedia layanan mobile dan smartphone yang paling populer bagi mereka yang mengakses Internet melalui perangkat mobile, posisi ini diikuti Simpati, XL, Tri dan Axis.  

Temuan dari penelitian Yahoo! Net Index 2011 itu juga menyatakan bahwa di Indonesia, perangkat mobile adalah perangkat paling umum digunakan untuk mengakses jejaring sosial, kemudian diikuti dengan fungsi e-mail/IM dan pencarian.

Saat ini, Yahoo! masih menjadi situs yang paling sering dikunjungi di ponsel dan properti online -nya menempati urutan pertama dalam e-mail, messenger, foto, berita, dan travel (comScore Media Metrix, APAC, Okt 2011).    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com