Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo: Miyamoto Belum Tinggalkan Nintendo

Kompas.com - 11/12/2011, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Wired membuat laporan hasil wawancara yang menyatakan bahwa Shigeru Miyamoto akan pensiun dari posisinya saat ini. Sang maestro yang berada di balik hampir semua perangkat game sukses Nintendo itu konon akan fokus pada game kecil dan membuka jalan bagi pengembang game muda.

Nintendo segera bereaksi pada kabar itu. "Hal ini sungguh-sungguh tidak benar. Sepertinya ada kesalahpahaman. Ia (Miyamoto-red) sejak lama sudah mengatakan ingin melatih generasi muda," sebut pernyataan Nintendo yang dikutip Kompas Tekno dari Reuters. "Ia tidak berniat untuk mundur. Tolong jangan khawatir," lanjut pernyataan resmi itu.

Jelas, kemungkinan akan perginya sang maestro telah membuat Nintendo gelagapan. Apalagi belakangan ini produk Nintendo agak kalah pamor dibandingkan pesaingnya. Lihat saja Nintendo 3DS yang relatif tidak laku di pasaran.

Dari sisi teknis dan kualitas, Nintendo 3DS sebenarnya perangkat game yang menarik. Namun kemunculannya di pasaran berbarengan dengan kondisi ekonomi yang lesu. Ditambah keberadaan tablet dan ponsel cerdas yang jadi pilihan banyak orang untuk bermain game.

Performa buruk Nintendo 3DS membuat Nintendo terpaksa memangkas harga perangkat itu hanya enam bulan sejak dirilis. Sekarang, harapan Nintendo ada pada perangkat Nintendo Wii generasi berikutnya.

Benar atau tidaknya rencana Miyamoto untuk pensiun agaknya masih kabur. Melihat usianya yang sudah 59 tahun, bisa jadi Miyamoto akan tetap di Nintendo namun tidak lagi menjadi "panglima besar" desain game di Nintendo.

Apapun itu, sudah saatnya Nintendo menyiapkan penerus Miyamoto. Kehilangan Miyamoto bisa jadi pukulan telak bagi produsen game asal Jepang itu. Meski bukan pendiri, kadar kebintangan Miyamoto di Nintendo setara dengan Bill Gates di Microsoft atau Steve Jobs di Apple.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com