Saluran YouTube Khusus untuk Dunia Pendidikan

Kompas.com - 15/12/2011, 10:50 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — YouTube mencoba menyesuaikan diri dengan dunia pendidikan melalui layanan YouTube for School. Situs video sharing ini telah menyediakan YouTube Edu, sebuah situs yang didedikasikan untuk konten pendidikan dan bisa digunakan untuk bahan ajar di kelas.

Selama ini, banyak sekolah yang memblokir YouTube karena dianggap terlalu banyak konten video negatif. Dengan layanan YouTube for School, pihak sekolah bisa mengaktifkan akses ke YouTube EDU.

"Banyak sekolah yang memblokir akses ke YouTube. Untuk mengatasi masalah ini, kami telah mengembangkan YouTube for School. Mereka bisa mengakses ratusan ribu video pendidikan di YouTube for School yang dapat membantu menjelaskan bagaimana proses fotosintesis, atau menunjukkan seperti apa kehidupan di zaman Yunani kuno," kata Brian Truong, manajer produk YouTube, dalam sebuah posting di blog.

Di YouTube Edu, guru dapat memilih ribuan video hasil kerja sama YouTube dengan 600 mitra penyedia video pendidikan. Video yang ditawarkan meliputi pelajaran singkat dari guru-guru di seluruh dunia, kursus dari universitas terkemuka, alat profesional untuk pendidik, dan konten inspiratif dari pemikir-pemikir dunia.

Selain itu, YouTube juga menyediakan layanan YouTube for Teachers. Di sini, guru dapat membuat kelas sendiri sesuai mata pelajaran dan tingkat pendidikan yang akan diajarkan.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X