Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penghargaan yang Diraih KPK Sepanjang 2011

Kompas.com - 16/12/2011, 08:23 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak banyak terungkap ke publik, KPK di bawah kepemimpinan lima pimpinan KPK periode kedua mendapat sejumlah penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ketua KPK Busyro Muqoddas kepada wartawan di gedung KPK, Kamis (15/12/2011), menyampaikan aneka penghargaan yang diperoleh KPK sepanjang tahun 2011.

Masa jabatan Busyro bersama dengan empat pimpinan KPK lainnya, yaitu Bibit Samad Rianto, Chandra Hamzah, M Jasin, dan Haryono Umar, akan berakhir Sabtu (17/12/2011) besok. Berikutnya, Busyro akan melanjutkan masa tugasnya di KPK bersama empat pimpinan KPK baru yang akan dilantik  Jumat (16/12/2011) siang ini oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta.

Beberapa penghargaan yang diterima KPK tahun 2011 tersebut antara lain Commendation Award untuk kategori good governanace pada ajang The Gold Standard Awards yang diselenggarakan Public Affairs Asia di Hongkong, 20 Januari 2011.

Selanjutnya, KPK memperoleh peringkat pertama dengan predikat B pada Penilaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja 2010 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 7 Maret 2011.

KPK juga memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas penyusunan laporan keuangan tahun 2010.

Kemudian, KPK mendapat penghargaan Best Innovation Award dari Korea Internasional Cooperation Agency. KPK dianggap melakukan inovasi terbaik dalam penerapan reformasi birokrasi. Lembaga penegakan hukum itu mengungguli 12 kementerian/lembaga yang juga menjadi peserta.

Selain itu, KPK juga menyabet juara pertama untuk kategori pelayanan informasi melalui internet dalam kegiatan "Anugerah Media Humas" yang digelar Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penghargaan itu diberikan pada 27 Oktober 2011.

Terakhir, KPK meraih peringkat ketiga dalam acara International Anti-Corruption Public Service Announcement Video Competition yang diselenggarakan Independen Commission Against Corruption (ICAC) Hongkong dan International Association of Anti-Corruption Authorities di Hongkong pada 9 Desember 2011.

"Demikian paparan sebagian kinerja dan capaian KPK pada 2011 yang akan menjadi bahan acuan dan evaluasi bagi KPK," ujar Busyro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com