Makin Dekat Microsoft, Nokia Pindahkan Kantor ke AS?

Kompas.com - 27/12/2011, 14:06 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Belakangan ini beredar rumor bahwa CEO Nokia Stephen Elop, akan memindahkan kantor pusat Nokia dari Finlandia ke Amerika Serikat (AS). Namun, rumor itu dibantah oleh Elop.

Elop mengatakan, kantor pusat Nokia akan tetap berada di pinggiran kota Helsinki di Espoo, Finlandia. "Selama saya masih menjabat sebagai CEO, kantor pusat Nokia tetap di Espoo. Itu rumah kami, kami merasa memilikinya," tegas Elop, pekan lalu.

Rumor itu berkembang karena beberapa alasan. Pertama, Elop berasal dari Kanada. Ia merupakan CEO Nokia pertama yang bukan berasal dari Finlandia.

Kedua, Elop punya hubungan dekat dengan perusahaan software raksasa asal AS, Microsoft. Sebelum pindah ke Nokia, Elop menjabat sebagai Presiden Divisi Bisnis Microsoft.

Hanya beberapa bulan menjadi CEO Nokia, Elop membantu mempermudah kesepakatan antara Nokia dan Microsoft dalam penyediaan platform bersistem operasi Windows Phone. Langkah ini dikhawatirkan dapat membunuh sistem operasi Symbian besutan Nokia. Kedekatan Elop dengan Microsoft ini memunculkan spekulasi bahwa Nokia akan diakuisisi oleh Microsoft.

Alasan yang ketiga, sejak Elop menjabat sebagai CEO pada September 2010, ia melayangkan surat pemberhentian kerja kepada ribuan karyawan Nokia di Finlandia, sebagai upaya mengembalikan kondisi perusahaan yang lesu.

Langkah-langkah Elop semakin memunculkan spekulasi bahwa Nokia akan diakuisisi. Apalagi, rumor itu berkembang di tengah proses akuisisi Motorola Mobilitiy oleh Google dan keterpurukan Research In Motion (RIM) yang sedang ditekan para investor untuk menjual perusahaan atau mengganti para eksekutifnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X