Kalahkan iOS, Android Makin Berjaya

Kompas.com - 02/01/2012, 09:17 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebelumnya sistem operasi mobile Apple-lah yang selalu menjadi raja di wilayah Amerika Serikat. Kini tahta tertinggi tersebut harus direlakan Apple iOS ke saingan beratnya, Android.

Sistem operasi Android besutan Google, mempertahankan posisinya sebagai sistem operasi perangkat mobile yang paling banyak digunakan di AS hingga bulan November 2011.

Menurut lembaga riset comScore, sejak bulan September hingga November 2011, Android meraup pangsa pasar 46,9 persen atau naik 3,1 persen dari bulan Agustus lalu. Peringkat kedua diduduki Apple dengan iOS-nya yang meraih pangsa pasar 28,7 persen, atau naik 1,4.

Sementara BlackBerry OS (BBOS) besutan Research In Motion (RIM) bercokol di peringkat 3 dengan 16,6 persen. Pangsa pasar BBOS turun 3,1 persen.

Peringkat 4 dan 5 ditempati oleh Windows Phone besutan Microsoft yang meraih 5,2 persen (menurun 0,5 persen) dan Symbian dari Nokia dengan 1,5 persen (anjlok 0,3 persen).

Pangsa pasar Android dan iOS diprediksi akan terus meningkat pada bulan-bulan berikutnya dan akan jauh meninggalkan sistem operasi lain. Menurut statistik pasca hari Natal, ada 6,8 juta aktivasi perangkat Android dan iOS pada tanggal 24 dan 25 Desember 2011.

Angka tersebut melonjak tajam 353 persen jika dibandingkan pada tanggal 1 sampai 20 Desember, dimana per harinya ada 1,5 juta aktivasi perangkat Android dan iOS. Para pengamat menilai, banyak orang memilih perangkat berbasis Android dan iOS untuk dijadikan kado Natal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem operasi terbaru Android versi 4.0 yang diberi nama Ice Cream Sandwich, telah memulai debut di AS dan pertama kali disematkan pada smartphone Samsung Galaxy Nexus. Sejak pertama kali diperkenalkan, Ice Cream Sandwich mendapat sambutan luar biasa dari vendor yang memproduksi perangkat Android. Vendor-vendor itu langsung menyatakan akan melakukan upgrade sistem operasi menggunakan Ice Cream Sandwich.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X