Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC Siapkan "Speak" untuk Tandingi Siri?

Kompas.com - 16/02/2012, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Fitur perintah suara Siri dari Apple agaknya mulai ditiru oleh vendor smartphone lainnya. Dari sebuah bocoran di internet, terungkap adanya fitur "Speak" pada perangkat HTC yang akan datang.

Berdasarkan laporan Uber Gizmo, HTC diyakini telah menyiapkan pesaing Siri tersebut. Fitur tersebut telah ditemukan sebagai bagian di antarmuka (user interface) Sense 4.0.

Penemuan itu muncul setelah adanya sebuah ROM Upgrade Utility untuk HTC Endeavor yang bocor di internet. Fitur Speak, yang tidak diketahui untuk apa, memiliki tampilan mikrofon dan "listening".

Sejauh ini belum diketahui apakah benar "Speak" adalah fitur yang layak menyaingi Siri. Toh, selama ini tampilan mikrofon sudah ada di ponsel HTC untuk mengaktifkan Google Voice Search.

Di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada 27 Februari nanti, vendor asal Taiwan ini dikabarkan akan meluncurkan beberapa perangkat terbarunya. Harapannya, HTC bisa menampilkan HTC Speak sambil merilis user interface baru Sense 4.0.

Sebelumnya Google juga dikabarkan sedang berencana meluncurkan fitur serupa Siri untuk melengkapi perangkat Android. Fitur tersebut diberi nama Majel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com