Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Mirrorless Canon Bisa Pakai Lensa Sigma dan Tamron

Kompas.com - 27/04/2024, 19:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun menutup RF mount, Canon akhirnya mulai membuka platform kamera mirrorless besutannya itu untuk pabrikan pihak ketiga seperti Tamron dan Sigma.

Keduanya pekan ini melepas produk-produk lensa autofokus perdana untuk kamera mirrorless Canon. Sigma langsung merilis enam lensa dari seri "Contemporary" yang sebelumnnya sudah lebih dulu tersedia untuk kamera mirrorless merek lain.

Enam lensa Sigma tersebut adalah zoom standar 18-50 mm f/2.8 DC DN, zoom ultrawide 10-18 mm f/2.8 DC DN, serta lensa prime 16 mm f/1.4 DC DN, 23 mm f/1.4 DC DN, 30 mm f/1.4 DC CN, dan 56 mm f/1.4 DC DN.

Menurut Sigma, lensa-lensa buatannya itu sepenuhnya mendukung fungsi RF Mount, termasuk dalam hal drive autofokus yang secara spesifik dikembangkan untuk kamera mirrorless Canon.

Baca juga: Canon Dikabarkan Berencana Bikin Kamera Bergaya Retro

"Selain memiliki autofokus berkecepatan tinggi, lensa-lensa kami turut mendukung AF-C, koreksi aberasi in-camera, serta stabilisasi in-camera," sebut Sigma dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Tamron memulai debutnya di platform kamera mirrorless Canon lewat lensa zoom ultrawide 11-20 mm f/2.8 DI III-A RXD (Model B060).

Dalam keterangannya, Tamron mengatakan banyak menerima permintaan dari para pengguna agar merilis lensa untuk kamera RF Mount. Pabrikan jepang itu pun memutuskan untuk mulai memproduksinya lewat perjanjian lisensi dengan Canon.

Ilustrasi lensa Sigma dan kamera mirrorless APS-C CanonSigma Ilustrasi lensa Sigma dan kamera mirrorless APS-C Canon

Awal tahun ini, Canon memang mengatakan sedang berupaya menggandeng pabrikan pihak ketiga untuk mengembangkan ekosistem lensa RF Mount. Pembicaraan dengan Sigma dan Tamron mungkin dilakukan secara bersamaan karena keduanya merilis produk di saat yang sama pula.

Sigma dan Tamron belum mengumumkan harga untuk lensa-lensa RF Mount buatannya. Satu benang merahnya, semua lensa itu dutujukan untuk kamera mirrorless APS-C Canon, bukan full-frame yang sensornya berukuran lebih besar dan lebih populer.

Baca juga: Sony, Canon, dan Nikon Tanam Teknologi Anti-AI di Kamera

Canon agaknya memang baru membuka lisensi lensa RF Mount untuk lini kamera mirrorless APS-C saja, seperti EOS R7 dan R10. Selama ini para pengguna mirrorless APS-C Canon tak memiliki banyak pilihan karena Canon hanya menyediakan lensa-lensa consumer saja.

Pemilik mirorrless sebenarnya bisa saja memasang lensa full-frame di kamera APS-C, tapi ini tak selalu praktis karena jangkauan focal length yang jadi berubah, ukuran lensa full-frame yang lebih besar, serta harganya lebih mahal.

Sebelumnya, seperti dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Sabtu (27/4/2024), Canon menutup akses pihak ketiga terhadap RF Mount karena "alasan bisnis". Belum diketahui apakah Canon akan turut membuka RF Mount full-frame atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com