Sengketa Mirip iPad Sempat Terjadi di Indonesia

Kompas.com - 27/02/2012, 14:58 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple kini terancam tidak bisa menjual iPad di belahan dunia manapun karena menggunakan merek dagang iPad, yang diklaim dimiliki oleh perusahaan lain. Di Indonesia, setidaknya ada dua kasus serupa, yang dialami oleh HTC Corporation dan Intel Corporation.

Tentunya, kasus di Indonesia berbeda dengan yang dialami Apple di China. Namun menarik juga untuk melihat seperti apa kasus yang sudah dilalui oleh HTC dan Intel.

Nama iPad yang dipakai Apple digugat oleh perusahaan teknologi asal China bernama Proview International Holding Ltd.

Di Indonesia, High Tech Computer (HTC) Corporation pernah bersengketa dengan merek hTC, perusahaan lokal milik Vincent Siswanto.

Ternyata dalam proses peradilan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada pertengahan tahun 2010, hakim memutuskan untuk mengabulkan gugatan pengugat (HTC Corp) seluruhnya.

Pertimbangan hakim menyebutkan, produsen smartphone asal Taipei itu mampu membuktikan sebagai pemilik sah merek HTC.

Itu dapat dilihat bahwa merek HTC telah terdaftar di 108 negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, China, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Selain itu, hakim menilai merek hTC milik Vincent Siswanto memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek hTC milik HTC Corp.

Karena itu, menurut hakim pendaftaran merek hTC milik Vincent di bawah No. IDM000218952 tertanggal 5 Oktober 2009 dilandasi itikad tidak baik yakni membonceng ketenaran sehingga menimbukan persaingan usaha yang curang.

Vincent mendaftarkan merek hTC pada 21 Januari 2008 dan mendapatkan sertifikat No. IDM000218952 tertanggal 5 Oktober 2009 untuk melindungi jenis barang kelas 9. Berupa alat optik, alat potret, kabel listrik, flash disk, USB, VCD Player, DVD Player dan video game player.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.