Pamor Windows Phone Melonjak di Februari

Kompas.com - 04/03/2012, 08:44 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Survei pasar versi dari NetMarketShare (NMS) terhadap perangkat mobile menunjukkan data kenaikan pada pangsa pasar Windows Phone.

Menurut data NMS, pangsa pasar Windows Phone relatif stabil di 0,2 persen sejak April 2011 hingga Januari 2012.

Namun pada Februari 2012, pangsa pasarnya melonjak ke angka 0,41 persen di Februari 2012. Artinya, ada kenaikan sebesar 41,38 persen.

Memang, pertumbuhannya relatif kecil dibandingkan dengan iOS dan Android. Namun adanya lonjakan ini menimbulkan pertanyaan, apa yang jadi penyebab?

Diduga, lonjakan ini adalah efek dari Nokia yang makin gencar menjual Lumia, jajaran ponsel berbasis Windows Phone mereka.

Nokia memang nampak cukup agresif dengan Lumia, meski di pasaran baru ada dua jenis: Lumia 800 dan Lumia 710.

Namun TheNextWeb mengatakan data ini masih perlu diperhatikan lebih lanjut. Lonjakan terjadi diduga karena pasar Windows Phone yang masih kecil.

Karena pasarnya masih kecil, setiap pertambahan akan terlihat signifikan. Namun jika dibandingkan sistem lain, mungkin sebenarnya tak seberapa.

Data NMS menempatkan iOS sebagai sistem dengan pangsa pasar terbesar (54 persen), disusul oleh Java ME (20 persen) dan Android (16 persen).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.