Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Singkat A5X, "Otak" iPad Terbaru

Kompas.com - 08/03/2012, 09:27 WIB

KOMPAS.com - Apple telah mengumumkan iPad generasi ketiga yang menggunakan prosesor A5X. Tak banyak yang diungkapkan Apple mengenai "otak" iPad terbaru itu.

Salah satu yang jelas disebutkan adalah: mikroprosesor berjenis System on Chip (SoC) ini memiliki empat inti prosesor (quad core) khusus untuk olah grafis.

Prosesor grafis yang meningkat drastis ini dipilih untuk menggenjot kemampuan layar iPad terbaru yang memiliki resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci.

Menurut situs Anandtech, A5X memiliki inti prosesor utama Cortex A9 dual core. Hanya saja, sisi grafisnya sekarang menggunakan PowerVR SGX543MP4.

Sedangkan prosesor A5, yang dipakai di iPad 2, menggunakan CPU Cortex A9 dual core yang sama. Hanya saja grafisnya masih PowerVR SGX543MP2.

Tak perlu pusing dengan nama teknis itu. Perhatikan saja angka 4 dan angka 2 di belakang nama prosesor grafisnya, yang menunjukkan jumlah core.

Di peluncurannya, Apple sesumbar kemampuan grafis prosesor A5X ini mampu mengalahkan chipset Tegra 3 dari Nvidia hingga 4 kali lebih baik.

Sedangkan secara keseluruhan, A5X disebut dua kali lipat lebih baik dari Nvidia Tegra 3. Tentunya tak disebutkan seperti apa pengujian yang dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com