Profil Singkat A5X, "Otak" iPad Terbaru

Kompas.com - 08/03/2012, 09:27 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple telah mengumumkan iPad generasi ketiga yang menggunakan prosesor A5X. Tak banyak yang diungkapkan Apple mengenai "otak" iPad terbaru itu.

Salah satu yang jelas disebutkan adalah: mikroprosesor berjenis System on Chip (SoC) ini memiliki empat inti prosesor (quad core) khusus untuk olah grafis.

Prosesor grafis yang meningkat drastis ini dipilih untuk menggenjot kemampuan layar iPad terbaru yang memiliki resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci.

Menurut situs Anandtech, A5X memiliki inti prosesor utama Cortex A9 dual core. Hanya saja, sisi grafisnya sekarang menggunakan PowerVR SGX543MP4.

Sedangkan prosesor A5, yang dipakai di iPad 2, menggunakan CPU Cortex A9 dual core yang sama. Hanya saja grafisnya masih PowerVR SGX543MP2.

Tak perlu pusing dengan nama teknis itu. Perhatikan saja angka 4 dan angka 2 di belakang nama prosesor grafisnya, yang menunjukkan jumlah core.

Di peluncurannya, Apple sesumbar kemampuan grafis prosesor A5X ini mampu mengalahkan chipset Tegra 3 dari Nvidia hingga 4 kali lebih baik.

Sedangkan secara keseluruhan, A5X disebut dua kali lipat lebih baik dari Nvidia Tegra 3. Tentunya tak disebutkan seperti apa pengujian yang dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.