Beli Instagram, Facebook Jadi "Gudang Foto" Terbesar

Kompas.com - 10/04/2012, 15:02 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Raksasa jejaring sosial Facebook resmi mengakuisisi perusahaan pembuat aplikasi Instagram, Senin (9/4/2012). Akuisisi ini semakin membuat Facebook sebagai perusahaan dengan arsip foto terbanyak di dunia.

Facebook sampai saat ini masih menjadi situs jejaring sosial favorit untuk memajang foto. Adapun Instagram menjadi aplikasi editing dan sharing foto pengguna perangkat mobile berbasis iOS dan Android.

Pada 2011, Facebook secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah menyimpan sekitar 100 miliar foto unggahan para penggunanya. Ada sekitar 5 miliar foto yang bertambah setiap bulannya.

Adapun Instagram sudah ada 400 juta foto yang diunggah dan di-share pada akhir 2011. Menurut pihak Instagram, rata-rata ada 60 foto yang dibagikan setiap detiknya atau 5,2 juta per harinya.

Jumlah tersebut barulah laporan aktivitas Instagram yang dilakukan pengguna perangkat iOS, belum termasuk pengguna Android yang pada 4 April lalu sudah bisa menikmati Instagram.

Bisa dibayangkan berapa miliar foto yang akan disimpan oleh Facebook pasca-akuisisi Instagram?

Akuisisi Facebook atas Instagram senilai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,1 triliun, semakin membuat Facebook menjadi perusahaan dengan arsip foto terbesar, jauh melampaui Flickr.

Situs galeri foto milik Yahoo ini menyimpan 6 miliar foto sampai Agustus 2011. Yahoo mengklaim, ada sekitar 4,5 juta foto yang diunggah setiap harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.