Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bernilai Rp 9 Triliun Berkat Android?

Kompas.com - 11/04/2012, 11:16 WIB

KOMPAS.com — Akuisisi Facebook atas Instagram senilai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,1 triliun membuat semua orang membicarakan hal ini. Satu hal yang mungkin penting untuk ditanyakan adalah mengapa semahal itu.

Instagram masih terbilang muda, ia pertama kali meluncur di platform iOS pada 6 Oktober 2010. 18 bulan kemudian, tepatnya 3 April 2012, Instagram resmi mendarat di Android.

Tak selang sepekan Instagram tersedia di Android, raksasa jejaring sosial Facebook mencaplok start-up kecil yang diasuh 13 karyawan dan bermarkas di San Fransisico, Amerika Serikat, dengan harga yang sangat menggelembung.

Agaknya bukan kebetulan jika akuisisi dilakukan setelah Instagram mendarat di Android. Masuknya Instagram ke Android dianggap sebagai titik kunci yang menunjukkan keseriusan Instagram menggarap pasar global.

"Kami sangat bersemangat merancang Instagram untuk Android sebagai langkah besar berikutnya untuk perusahaan kami. Peluncuran ini membawa kita lebih dekat pada gagasan bahwa kami dapat membantu setiap orang di bumi untuk membagikan kehidupan mereka dan menemukan dunia dengan serangkaian gambar yang indah," kata Pendiri sekaligus CEO Instagram Kevin Systrom kepada situs teknologi VentureBeat ketika meluncurkan aplikasi untuk Android.

Systrom menegaskan bahwa ia ingin aplikasi Instagram digunakan oleh "setiap orang di bumi". Hal itu tentu tidak bisa dicapai jika aplikasi ini eksklusif untuk iOS saja.

Visi untuk "menguasai dunia" agaknya dimiliki juga oleh Facebook. Layanan Facebook bisa diakses melalui perangkat apa pun yang terhubung ke internet, aplikasinya pun tersedia di hampir semua platform, termasuk non-smartphone.

"Akuisisi ini merupakan tonggak penting bagi Facebook karena ini pertama kalinya kami membeli produk dan perusahaan dengan pengguna yang begitu banyak," tulis Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg di akun Facebook-nya.

Menurut Jolie O'Dell, penulis spesialis bisnis teknologi di situs teknologi VentureBeat, jika saja Facebook membeli Instagram ketika aplikasi ini hanya tersedia untuk iOS, mungkin harganya tidak akan sebesar itu.

"Saya tidak yakin nilai akuisisinya bisa mencapai 1 miliar dollar jika Instagram belum tersedia di Android," tulis O'Dell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com