Pemilik Saham yang Kecewa Menggugat Facebook

Kompas.com - 25/05/2012, 08:53 WIB
EditorReza Wahyudi

BBC IndonesiaSaham Facebook hari ini naik kembali setelah sempat turun sampai sekitar 11.

KOMPAS.com - Facebook, Mark Zuckerberg, dan bank yang memimpin penjualan saham jejaring sosial itu dituntut oleh pemegang saham yang kecewa.

Gugatan yang didaftarkan di pengadilan Manhattan, New York, itu menuduh Facebook merevisi angka pertumbuhan yang tidak diungkapkan kepada para investor.

Otorita keuangan Amerika Serikat sebelumnya mengatakan Morgan Stanley mungkin harus menjawab sejumlah pertanyaan sehubungan dengan informasi yang diungkapkan menjelang pelepasan saham perdana, Jumat 18 Mei.

Morgan Stanley, yang memimpin bank-bank yang menjadi underwriter Facebook, sudah mengatakan bahwa mereka memenuhi peraturan yang ada, namun belum memberi tanggapan atas gugatan hukum terbaru ini.

Dan sehari setelah otorita keuangan di Massachusetts mengeluarkan panggilan kepada Morgan Stanley, hari ini sekelompok investor mengajukan gugatan class action atau berkelompok.

Mereka menuduh pendapatan Facebook direvisi menjadi lebih kecil karena peningkatan jumlah orang yang menggunakan peralatan telepon genggam untuk aplikasi dan internet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saham menaik kembali

Dalam gugatan yang diajukan para pemilik saham itu disebutkan juga bahwa tertuduh selama proses pemasaran penjualan saham menyembunyikan dari investor 'pengurangan yang besar' dalam perkiraan pertumbuhan pendapatan.

Penjualan saham perdana Facebook pekan lalu sempat terganggu karena masalah teknologi di bursa saham Nasdaq.

Setelah dilepas ke umum, harga saham Facebook sempat menurun sampai sekitar 11% karena dugaan dinilai lebih tinggi dari yang semestinya oleh para konsultan yang memasarkan saham.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.